Agama dan resolusi konflik: studi tentang kasus keberadaan Gereja Beth el Tabernakel Kristus Alfa Omega di Durensewu Pandaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amiruddin, Wildan (2020) Agama dan resolusi konflik: studi tentang kasus keberadaan Gereja Beth el Tabernakel Kristus Alfa Omega di Durensewu Pandaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Amiruddin_E92216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konflik merupakan ketidak-cocokan prisip baik individu maupun kelompok tentang sesuatu yang baru. Hal inilah yang membuat konflik muncul terutama dalam kehidupan beragama. Konflik paling sering terjadi dalam kehidupan beragama karena menyangkut tentang keyakinan. Pembahasan Konflik dan Resolusi konflik merupakan pembahasan yang sangat perlu dikaji mengingat dua hal ini terjadi di tengah masyarakat yang memiliki lebih dari satu agama. Penulis memberi judul “AGAMA DAN RESOLUSI KONFLIK (Studi tentang Kasus Keberadaan Gereja Beth-El Tabernakel Kristus Alfa Omega di Durensewu Pandaan). Pengambilan judul ini karena penulis merasa banyak konflik yang terjadi di masyarakat tetapi masih belum ada resolusi konflik yang baik. Akan dibahas konflik yang terjadi serta pembahasan tentang penyelesaian konflik karena keberadaan Gereja Beth-El Tabernakel di tengah masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam. Metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan sumber lapangan sebagai sumber yang dapat diteliti. Dengan metode penelitian kualitatif peneliti mendapatkan hasil penelitian adanya konflik tersembunyi berupa kecurigaan tokoh dari pihak Islam kepada tokoh Kristen tentang keberadan Gereja sekarang. Konflik tersebut tidak berlangsung lama karena sesepuh desa Durensewu memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan konflik berupa kekuatan persaudaraan yang kuat. Semoga fenomena konflik serta resolusi konflik tersebut menambahkan warna baru dalam penyelesaian konflik yang terjadi khususnya konflik agama di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amiruddin, Wildanwildanamiruddin148@gmail.comE92210641
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, kunawikunawi.fu@gmail.com2018096401
Subjects: Budaya - Agama
Gereja
Keywords: Agama; Resolusi konflik; Gereja beth el-tabernakel kristus alfa omega.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Wildan Amiruddin
Date Deposited: 13 Feb 2021 13:35
Last Modified: 13 Feb 2021 13:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46426

Actions (login required)

View Item View Item