العناصر الداخلية في قصة بلال بن رباح في كتاب رجال حول الرسول لخالد محمد خالد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Kiswatul Aniq (2020) العناصر الداخلية في قصة بلال بن رباح في كتاب رجال حول الرسول لخالد محمد خالد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiswatul Aniq Firdausi_A91216074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Rijal Haula Al-Rasul adalah kumpulan cerita tentang kisah 60 dari sahabat Rasulullah SAW, yang dikemas dalam rangkaian kalimat yang berbeda dengan biografi –biografi sahabat Nabi Muhammad SAW dalam buku-buku sejarah lainnya. Pada setiap tokoh dalam kitab ini digambarkan dengan tema yang berbeda, sesuai dengan keistimewaan karakter, perjuangan, dan juga terdapat kisah tentang keimanan tokoh-tokoh sahabat Nabi tersebut. Kitab karya Khalid Muhammad Khalid ini sangat menarik untuk diteliti karena dari segi tema, tokoh, alur, setting/latar, dan amanat yang di uraikan dalam karyanya terdapat pesan dan kesan yang membuat setiap pembaca akan terkesan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menelitinya dengan menggunakan Teori Kesusastraan. Teori Kesusastraan yaitu teori yang dipakai untuk melihat unsur-unsur yang membangun suatu karya tersebut, pada pendekatan ini akan ditemukan tema, tokoh, alur, setting/latar,dan amanat dari karya tersebut. Dengan demikian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan menganalisis unsur intrinsik kisah “ Bilal bin Rabah “ pada kitab Rijal Haula Al-Rasul karya Khalid Muhammad Khalid dan telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan judul “ 60 Sahabat Nabi ” Pada skripsi ini penulis mengkaji tentang unsur – unsur intrinsik yang ada pada kisah Bilal bin Rabah meliputi Tema, Tokoh dan Penokohan, Alur, Setting/Latar, dan Amanat dari kisah tersebut. Kisah Bilal bin Rabah karya Khalid Muhammad Khalid ini bertemakan tentang penakluk ketakutan. Tema ini merupakan tema yang sesuai dengan alur cerita yang dikisahkan dalam cerita ini. Terdapat beberapa tokoh dalam cerita ini yaitu Bilal sebagai tokoh utama, Rosulullah, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Umayyah bin Khalaf, Abdurahman bin Auf, dan Uqbah bin Muith. Setting / latar dalam kisah ini terdiri dari beberapa tempat, dikota Mekah, Madinah, dan Syiria. Alur yang terdapat dalam kisah ini menggunakan alur maju dengan menceritakan kisah tersebut secara runtun dari awal sampai akhir dan tidak membingungkan para pembaca. Pesan / amanat dalam kisah ini adalah himbauan kepada para pembaca agar selalu bertaqwa, dan berpegang teguh terhadap agama islam. Tetap yakin akan adanya pertolongan Allah saat kita sedang dalam masalah asal mau bersabar dan tawakal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Kiswatul Aniqaniqfirdausi123@gmail.comA91216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Bilal bin Rabah; unsur intrinsik; 60 Sahabat Nabi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kiswatul Aniq Firdausi
Date Deposited: 13 Feb 2021 06:42
Last Modified: 13 Feb 2021 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46410

Actions (login required)

View Item View Item