Nilai pendidikan karakter pada cerita anak berjenis fabel dalam buku tematik tema 2 kelas 3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muarifa, Sulistia (2021) Nilai pendidikan karakter pada cerita anak berjenis fabel dalam buku tematik tema 2 kelas 3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulistia Muarifa_D97217115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah saat ini rendahnya nilai-nilai karakter ramai dibicarakan oleh banyak kalangan. Berbagai kasus seperti pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi hal yang paling penting untuk diterapkan kepada peserta didik. Di dalam buku tematik tema 2 kelas 3 terdapat cerita anak berjenis fabel yang belum diketahui nilai karakter apa saja yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan peneliti adalah menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak berjenis fabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa saja jenis nilai pendidikan karakter dalam cerita anak berjenis fabel pada buku tematik tema 2 kelas 3?, 2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita anak berjenis fabel pada buku tematik tema 2 kelas 3 dengan indikator nilai-nilai karakter dalam PPK 2013 yang ada di Perpres No.87 Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research dengan menggunakan teknik analisis isi. Langkah dalam mengumpulkan data menggunakan studi dokumentasi dengan mengacu pada indikator-indikator nilai karakter. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas yang menyangkut mengenai ketekunan dalam pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai karakter di buku tematik tema 2 kelas 3 terdapat empat cerita anak berjenis fabel dengan persentase nilai utama karakter yang terkandung antara lain nilai religius dengan persentase 20%, nasionalis 0%, mandiri 60%, gotong royong 60% serta integritas 20%. 2) Relevansi dari lima nilai utama karakter yang ditemukan pada 4 cerita anak berjenis fabel di buku tematik tema 2 kelas 3 pada PPK Kurikulum 2013 dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 diantaranya pada nilai karakter religius relevan dengan indikator religius pada sub karakter toleran, nilai karakter gotong royong relevan dengan indikator dari sub karakter komunikatif serta peduli lingkungan, nilai karakter mandiri relevan dengan indikator dari sub karakter bekerja keras serta mandiri, dan nilai karakter integritas relevan dengan indikator dari sub karakter bertanggung jawab serta jujur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muarifa, Sulistiasulistiamuarifa0@gmail.comD97217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Cerita Anak Berjenis Fabel; Buku Tematik Tema 2 Kelas 3.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sulistia muarifa
Date Deposited: 17 Feb 2021 12:32
Last Modified: 17 Feb 2021 12:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46405

Actions (login required)

View Item View Item