Terapi realitas berbasis nilai-nilai Ikhlas untuk mengurangi stress dan kecemasan akan gagalnya resepsi karena pandemi Covid-19 pada pasangan calon pengantin di Kelurahan Morokrembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Claravita, Rizky (2021) Terapi realitas berbasis nilai-nilai Ikhlas untuk mengurangi stress dan kecemasan akan gagalnya resepsi karena pandemi Covid-19 pada pasangan calon pengantin di Kelurahan Morokrembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Claravita_B93217101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan merubah pola pikir masyarakat khususnya calon pengantin yang mengalami stress dan cemas akan gagalnya Resepsi pernikahan mereka karena pandemi Covid-19, serta menjelaskan bahayanya virus Covid-19 ini apabila acara besar mereka tetap dilakukan sekaligus menerapkan nilai-nilai ikhlas agar para konseli dapat dengan menerima kondisi realita yang ada. Untuk mendiskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mendapatkan hasil atau sebuah bukti data secara deskriptif dan terstruktur serta menggunakan Terapi Realitas dengannTeknik WDEP (Want, Doing, Evaluation, Planning) dengan menerapkan nilai-nilai ikhlas sebagai penunjang terapinya. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi terapi realitas berbasis nilai-nilai ikhlas untuk mengurangi stress dan kecemasan akan gagalnya resepsi karena pandemi Covid-19 di Kelurahan Krembangan Surabaya. (2) hasil terapi realitas berbasis nilai-nilai ikhlas untuk mengurangi stress dan kecemasan akan gagalnya resepsi karena pandemi Covid-19 di Kelurahan Krembangan Surabaya. Terapi realitas berbasis ikhlas juga memiliki pengaruh yakni respon masyarakat calon pengantin lebih bisa menerima realita saat ini, dibuktikan dengan calon pengantin yang lebih memilih akad saja tanpa menggelar resepsi mewah dalam pernikahannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Claravita, Rizkyrizkyclaravita@gmail.comB93217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, Rudyrudyalhana@yahoo.com2009036802
Subjects: Pengambilan Keputusan
Perkawinan
Keywords: Terapi Realitas berbasis nilai ikhlas; Stress dan cemas; Resepsi; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizky Claravita
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:40
Last Modified: 15 Feb 2021 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46404

Actions (login required)

View Item View Item