Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Vivin Nur (2021) Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Nur Wahyuni_D07217032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu adanya virus Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Banyak permasalahan yang ditimbulkan dari adanya pembelajaran daring salah satunya yaitu kurang efektif penggunaan media pembelajaran daring sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti melihat efektifitas penggunaan Google Meet sebagai dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu : 1) Bagaimana implementasi pembelajaran daring dengan menggunakan Google Meet terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo? Dan 2) Bagiamana efektifitas penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo?. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan suatu kejadian atau peristiwa dalam bentuk angka yang diperkuat dengan analisa dari peneliti dalam membuat kesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, hasil belajar pretest dan posttets, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari implementasi penggunaan berbagai fitur yang ada pada Google Meet seperti share screen yang dapat digunakan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Pemanfaatan berbagai fitur yang ada di Google Meet sangat efektif dan efisien digunakan pada saat pembelajaran daring saat ini. Dengan menggunakan Google Meet antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa saat melakukan sesi tanya jawab dengan guru maupun dalam menyampaikan gagasan, pikiran, dan pendapat terkait materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu efektifitas penggunaan Google Meet terhadap peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari hasil analisis data yang berupa skor pretest dan posttets. Perbedaan skor rata-rata pretest yaitu 62,7 dan nilai posttest yaitu 84,4. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Paired t-test. Hasil dari uji tersebut yaitu nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat efektifitas penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Vivin Nurnurwahyunivivin@gmail.comD07217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Teknologi
Keywords: Efektifitas; Google Meet; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vivin Nur Wahyuni
Date Deposited: 11 Feb 2021 10:37
Last Modified: 11 Feb 2021 10:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46396

Actions (login required)

View Item View Item