Mengembalikan perilaku konsumsi sehat masyarakat lokal Desa Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthmainah, Nafsiyatun (2021) Mengembalikan perilaku konsumsi sehat masyarakat lokal Desa Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafsiyatun Muthmainah_B92216083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap Kota tentulah memiliki makanan khas yang menjadi Icon seperti dari Kota Gresik yakni makanan Pudak, Nasi Krawu, Otak-otak Bandeng dan Bonggolan. Dengan perkembangan zaman masyarakat khususnya anak mudah mulai melupakan makanan khas dari Desanya, karena lebih tertarik makanan siap saji. Sedangkan dari segi kesehatan makanan tradisional lebih baik dari pada makanan siap saji. Upaya untuk mengembalikan prilaku konsumsi sehat dengan menjaga makanan tradisional seperti Bonggolan. Kelompok Anak Muda dan ibu-ibu di Kecamatan Ujungpangkah tepatnya di Desa Pangkah Wetan melakukan Inovasi. Inovasi dilakukan untuk memanfaatkan makanan lokal dalam menguatkan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Proses Pendampingan yang dilakukan dimasyarakat memiliki pendekatan penelitian berbasis assed based community Development (ABCD) pilar 5-D berbasis aset. Tujuan Riset aksi dalam melakukan pendampingan dimasyarakat yaitu untuk mengembalikan minat konsumsi sehat masyarakat terhadap makanan tradisional. Dengan memberikan sentuhan inovasi diharapkan membuat makanan lokal bonggolan bisa lebih menarik. Sehingga meningkatkan nilai ekonomis masyarakat dan bisa menjadi kekuatan untuk membuat kelompok yang kreatif dan inovatif untuk melakukan perubahan. Kegiatan pembuatan Inovasi dari olahan makanan bonggolan juga di dukung dengan pelatihan marketing Online untuk mempermudah masyarakat dalam memasarkan produknya. Dari subjek pendampingan dalam penelitian ini adalah kelompok Usaha yang akan menjadi contoh pengembangan kreatifitas yang inovatif dalam aset yang berfokus pada mengembalikan minat konsumsi sehat terhadap makanan lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthmainah, NafsiyatunNafsiyatun12345@gmail.comB92216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Perilaku Konsumsi Sehat; Makanan Tradisional; Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nafsiyatun Muthmainah
Date Deposited: 10 Feb 2021 11:02
Last Modified: 10 Feb 2021 11:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46376

Actions (login required)

View Item View Item