Pesan dakwah Sufistik di Media Sosial: analisis resepsi khalayak tentang Fatwa Kehidupan Syekh Muhammad Zuhri dalam akun instagram @sufi.indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Bimbi (2021) Pesan dakwah Sufistik di Media Sosial: analisis resepsi khalayak tentang Fatwa Kehidupan Syekh Muhammad Zuhri dalam akun instagram @sufi.indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bimbi Naufal_B91216081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pesan Dakwah sufistik Syekh Muhammad Zuhri tentang Fatwa Kehidupan dalam akun Instagram @sufi.indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana resepsi/ penerimaan (baik itu pemahaman dan pemaknaan) khalayak dalam akun Instagram tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta teori pendukung menggunakan teori (encoding-decoding) milik Stuart Hall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pesan Dakwah sufistik Syekh Muhammad Zuhri tentang Fatwa Kehidupan dalam akun Instagram @sufi.indonesia, berisi esensi ruh/ hakikat ajaran syari’at Islam sebagaimana yang tertuang pada pilar Ihsan, sehingga memiliki kedudukan sebagai pelengkap ajaran agama, dan mencakupi didalamnya berbagai jawaban-jawaban sufistik atas pertanyaan-pertanyaan kontemporer dari masyarakat modern saat ini, dan sekaligus juga lebih banyak dipahami oleh khalayak demikian, namun oleh khalayak lainnya lebih banyak memaknai Fatwa Kehidupan sebagai pembuka kesadaran dan pemahaman serta menjawab pertanyaan-pertanyaan di masa lalu yang belum terjawab. Lalu hasil data penelitian ini menurut perspektif teori (encoding-decoding) dari Stuart Hall, menempati posisi negotiated reading. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah, diharapkan lebih fokus meneliti dan lebih mendalami kajian epistemologi dari Fatwa Kehidupan Syekh Muhammad Zuhri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Bimbibimbinaufal@gmail.comB91216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasduqi, Affandirusydalama@gmail.com2021015702
Subjects: Fatwa
Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pesan Dakwah; Tashawwuf/sufitik; Analisis Resepsi; Media Sosial.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bimbi Naufal
Date Deposited: 10 Feb 2021 10:11
Last Modified: 10 Feb 2021 10:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46370

Actions (login required)

View Item View Item