Akulturasi Islam dan tradisi lokal pada ritual Ruwatan Agung Komunitas Tlasih 87 di Sumbergirang Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Afif Wahyu (2021) Akulturasi Islam dan tradisi lokal pada ritual Ruwatan Agung Komunitas Tlasih 87 di Sumbergirang Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afif Wahyu Hidayat_E02217001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul Akulturasi Agama dan Tradisi Lokal pada Ritual Ruwatan Agung Komunitas Tlasih 87 di Sumbergirang Mojokerto. Salah satu tradisi lokal yang ada di Jawa adalah selamatan dan salah satu bentuk dari selamatan adalah ruwatan. Ruwatan sendiri mempunyai beberapa jenis dan salah satunya ruwatan agung. Ruwatan agung dari Tlasih 87 mempunyai perbedaan dari lainnya yaitu adanya kontribusi lintas agama dalam pelaksanaannya yang menghasilkan sebuah akulturasi. Hasil dari penelitian ini menjawab pertanyaan: Bagaimana tata cara dan prosesi pelaksanaan Ruwatan Agung di Komunitas Tlasih 87?, Bagaimana hubungan agama dan tradisi lokal pada Ruwatan Agung Komunitas Tlasih 87?, Bagaimana terjadinya proses akulturasi antara agama dengan tradisi lokal Ruwatan agung Tlasih 87?. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif atau penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penggunaan metode tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang prosesi pada ruwatan agung dengan menggunakan pendekatan antropologi dari Clifford Geertz. Ruwatan agung sampai saat ini dilestarikan oleh masyarakat jawa khususnya komunitas Tlasih 87 yang mempercayai dengan pelaksanaan ruwatan agung diharap bisa memberi dampak positif bagi lingkungan dan membuang kesialan. Berdasarkan dengan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditemukan adanya akulturasi antara agama dan tradisi lokal pada ruwatan agung Tlasih 87. Penggunaan sesaji yang kental dengan Hindu masih terlihat walaupun dalam beberapa tahapan ritual seperti doa yang telah disisipi doa sesuai ajaran Islam. Pemahaman mengenai hal mistis, keramatnya sebuah benda dan masih menggunakannya tradisi lokal yang turun temurun yang dipercaya bisa menolak kesialan merupakan potret masyarakat Jawa yang menurut Clifford Geertz merupakan varian abangan. Clifford Geertz dengan pengertian lain varian abangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Afif WahyuAfifpcs@gmail.comE02217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin2010@gmail.com2113027201
Subjects: Islam
Kebudayaan Jawa
Budaya
Keywords: Agama; Budaya; Ruwatan Agung.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: afif Hidayat
Date Deposited: 10 Feb 2021 11:52
Last Modified: 10 Feb 2021 11:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46369

Actions (login required)

View Item View Item