Sejarah perkembangan Bank Muamalat Indonesia Tahun 1991-2002

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'udin, Fuad (2021) Sejarah perkembangan Bank Muamalat Indonesia Tahun 1991-2002. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Rofi'udin_ A9221623.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi : 1) Bagaimana Sejarah Berdirinya Bank Muamalat Indonesia?, 2) Bagaimana Perkembangan Bank Muamalat Indonesia dari tahun 1992 hingga tahun 2002?, 3) Bagaimana Peran dan Hambatan Bank Muamalat Indonesia?. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikari, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah adalah pendekatan historis perspektif singkronis-diakronis mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis dan analitis dengan sama-sama memperlihatkan dimensi ruang dan dimensi waktu. Sedangkan teori utama yang digunakan untuk menganalisis menggunakan teori progresif-linear dari Ibn Khaldun yang mengatakan bahwa seluruh peristiwa dalam sejarah itu suatu garis menarik dan meningkat ke arah kemajuan dan kesempurnaan. Selain itu menggunakan teori pendukung role theory Soerjono Sukanto bahwa peranan adalah sekumpulan tingkah laku yang berhubungan dengan tindakan yang lebih banyak menunjukkan pada fungsi, penyesuaian diri dan sebagai proses di posisi tertentu. Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: 1) Bank Muamalat berdiri pada 1 November 1991 yang digagas oleh MUI, ICMI dan pengusaha muslim serta mendapat dukungan dari pemerintah yang kemudian resmi beroperasi pada 1 Mei 1992. 2) BMI telah mengalami perkembangan dari berbagai segi, yaitu kebijakan, produk dan akad, serta Gedung dan kantor. 3) BMI memberikan peran penting dalam mengurangi kemiskinan dan kesenjangan karena menggunakan sistem yang berkeadilan. Namun dalam prakteknya BMI mengalami hambatan dalam pengembanganya yaitu: minimnya SDM, kebijakan yang kurang memadai, kurangnya pemahaman masyarakat, dan kurangnya jaringan kantor

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'udin, Fuadfuadrofi79@gmail.comA92216123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Sejarah
Keywords: Bank Muamalat; Perkembangan; dan Hambatan .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: fuad rofi'udin
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:15
Last Modified: 10 Feb 2021 05:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46364

Actions (login required)

View Item View Item