Interaksi sosial antara Islam dan Kristen Jawi Wetan di Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Ainatul (2021) Interaksi sosial antara Islam dan Kristen Jawi Wetan di Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ainatul Jannah_E02217003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbicara tentang perbedaan kepercayaan di Indonesia yang ada pada setiap masyarakat. Setiap umat beragama tentunya memiliki sikap hubungan yang baik terhadap sesama masyarakat yang berbeda agama. Seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha dan Khonghucu. Masyarakat Bangkalan Madura juga memiliki perbedaan agama di tengah masyarakat yang berdominan mayoritas muslim. Dengan kegelisahan fenomena tersebut, maka dalam penulisan ini terdiri dari dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana hubungan Islam dan Kristen GKJW di Bangkalan Madura. Kedua, bagaiamana bentuk interaksi masyarakat Islam dan Kristen GKJW Bangkalan. Sedangkan Metode Penelitian yang digunakan adalah menggunakan Metode Pendekatan Kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisa dalam penelitian ini menggunakan Teori George Simmel perihal hubungan interaksi sosial antar individu dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini dilihat dari sisi hubungan sosialnya. Islam dan Kristen merupakan masyarakat Bangkalan yang memiliki perbedaan keyakinan dalam satu wilayah. Islam dan Kristen GKJW Bangkalan memiliki hubungan sosial yang baik, ramah dan rukun. Keduanya dapat menghargai agama yang dianutnya baik dari Islam maupun Kristen.Dan juga keduanya dapat melakukan hubungan interaksi sosial yang saling mempengaruhi. Umat Kristen GKJW Bangkalan dapat diterima dikarenakan melalui model interaksi yang dimilikinya. Kemudian Kemudian melakukan hubungan komunikasi supaya dapat diterima oleh tokoh-tokoh Muslim dari kalangan menengah keatas dan masyarakat sekitar Bangkalan. Sedangkan Bentuk Interaksi sosial Islam dan Kristen berbentuk hubungan timbal balik atau hubungan kerjasama dan komunikasi antar kedua umat beragama. Bentuk dari hubungan komunikasi yang dimiliki kedua masyarakat tersebut dimulai dari Kegiatan-kegiatan dan kehidupan seharinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Ainatulainunbkl022@gmail.comE02217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin2010@gmail.com2113027201
Subjects: Hubungan Masyarakat
Islam
Kristen
Keywords: Interaksi Sosial; Bentuk Interaksi; Masyarakat Islam dan Kristen GKJW; Kristen GKJW.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ainatul Jannah
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:04
Last Modified: 10 Feb 2021 05:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46363

Actions (login required)

View Item View Item