Solidaritas sosial umat Khonghucu di Klenteng Boen Bio Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Sofia (2021) Solidaritas sosial umat Khonghucu di Klenteng Boen Bio Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofia Agustin_E92217060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada saat kita membicarakan tentang solidaritas sosial yang ada di masyarakat khususnya Indonesia tidak lepas dari berbagai macam umat beragama yang mencoba membangun rasa solidaritas sosial dengan umat beragama yang berbeda agama. Umat beragama yang ada di Indonesia dapat beradaptasi dengan mudah sehingga dapat hidup dengan perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat. Hal ini dilakukan juga oleh agama Khonghucu, khususnya umat Khonghucu yang berada di Klenteng Boen Bio Surabaya, yang dapat kita lihat dari berbagai macam kegiatan dalam kehidupan sehari-hari mereka berupaya agar tidak terjadi konflik antar agama sehingga dapat hidup berdampingan dengan umat agama lain. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan ajaran solidaritas sosial di Klenteng Boen Bio Surabaya, serta memahami, menganalisis, dan menjelaskan implementasi ajaran solidaritas sosial di Klenteng Boen Bio Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori solidaritas sosial. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan review literatur. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdapat tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, penyimpul dan verifikasi sekaligus penyimpulan akhir. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa bentuk solidaritas sosial yang ada di Klenteng Boen Bio Surabaya berasal dari kitab suci dan tradisi yang secara turun-menurun diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat pada kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial sehingga dapat dibedakan antara solidaritas mekanik dengan solidaritas organik, seperti halnya dalam persembahyangan King Hoo Ping yang menjadi hari kesetiakawanan umat Khonghucu dan terdapat pageralan wayang kulit yang diadakan setiap tahunnya untuk menciptakan solidaritas dengan masyarakat yang berlainan agama disekitar klenteng, serta kegiatan sosial lainnya yang dilakukan oleh Klenteng Boen Bio Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Sofiasofiaaagusttiinn1999@gmail.comE92217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Agama
Kerukunan Beragama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Umat Khonghucu; Solidaritas Sosial; Implementasi Solidaritas Sosial.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sofia Agustin
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:31
Last Modified: 11 Feb 2021 11:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46352

Actions (login required)

View Item View Item