Makna mistisisme kristen dalam pandangan Jemaat GKJW Rungkut Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayzahroh KS, Mizro'atul (2021) Makna mistisisme kristen dalam pandangan Jemaat GKJW Rungkut Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mizro’atul Ayzahroh KS_E02217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Makna Mistisisme Kristen dalam Pandangan Jemaat GKJW Rungkut". Komunitas Jemaat GKJW Rungkut adalah salah satu komunitas Kristen yang berada di Kota Surabaya, yang memiliki keunikan dalam kehidupan keagamaannya karena tetap mempertahankan tradisi serta budaya dalam meningkatkan kedekatan jemaat kepada Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara gereja membangun mistisisme didalam ajaran-ajaran yang diterapkan di komunitas tersebut, dan pandangan jemaat GKJW mengenai mistisisme didalam kehidupan keagamaan mereka. Pada penelitian ini, peneliti ingin menjelaskan konsep GKJW dalam menyampaikan mistisisme di ajaran keagamaannya, dan makna mistisisme bagi Jemaat GKJW didalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan menggunakan teori mistisisme Martin Heidegger untuk melihat konsep mistisisme yang terbentuk didalam gereja dan kehidupan Jemaat. Berdasarkan penelitian ditemukan konsep mistisisme yang ada didalam GKJW jemaat Rungkut, merupakan sebuah hubungan individual antara seorang hamba dengan Tuhan, atau dengan kata lain bersatunya seorang hamba dengan Tuhan melalui jaran-ajaran gereja yang dilakukan seorang hamba didalam kehidupannya sehari-hari. Konsep mistisime yang ada didalam GKJW jemaat Rungkut juga termuat didalam kebudayaan jawa yang dilestarikan oleh GKJW jemaat Rungkut. Selain itu masih banyak jemaat GKJW Rungkut yang menggunakan tradisi Jawa seperti selametan, syukuran kelahiran dan peringatan kematian. GKJW jemaat Rungkut tidak melarang warganya untuk menggunakan tradisi jawa yang sesuai dengan ajaran agama Kristen. Didalam teologi Kristen makna mistsisisme biasa dipahami dengan persekutuan antara seorang hamba dengan Tuhan, dalam artian secara rohani bukan secara fisik. Dalam menumbuhkan mistisisme pada diri seseorang, GKJW jemaat Rungkut menerapkan ajaran-ajaran agama Kristen mulai dari ibadah, kebaktian, dan pelayanan cinta kasih. Selain itu hasil penelitian ini adalah, pandangan jemaat GKJW Rungkut dalam memaknai mistisisme. Dalam memaknai mistisisme jemaat GKJW Rungut, terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama memandang mistisisme sebagai kekuatan ghoib diluar kekuatan manusia dan tidak bisa dipahami dengan akal pikiran manusia. Sedangkan kelompok kedua memiliki pandangan dalam memaknai mistisisme dikehidupan yaitu bertemunya seorang hamba dengan Tuhan secara dekat melalui pengalaman pribadi, yang terbentuk dari hasil ketaatan seorang hamba terhadap perintah Tuhan yang diajarkan oleh gereja, serta mistisisme merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayzahroh KS, Mizro'atulmiza.ayzahroh@gmail.comE02217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Budaya - Agama
Gereja
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mistisisme; Kristen; Pandangan Jemaat GKJW Rungkut
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Mizro'atul Ayzahroh KS
Date Deposited: 10 Feb 2021 12:15
Last Modified: 10 Feb 2021 12:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46350

Actions (login required)

View Item View Item