Pandangan jamaah Masjid Baitul Falah dan Jemaat Gerejea Bethel Indonesia (Gbi) terhadap protokol kesehatan yang diterapkan ketika pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggana, Bisma Dwi (2021) Pandangan jamaah Masjid Baitul Falah dan Jemaat Gerejea Bethel Indonesia (Gbi) terhadap protokol kesehatan yang diterapkan ketika pandemi Covid-19. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bisma Dwi Anggana_E92216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pandangan jamaah Masjid Baitul Falah dan Gereja Bathel Indonesia yang berada di Ngagel Surabaya ketika pandemi virus Covid-19 melanda Indonesia. Peneliti tertarik untuk mengkaji fenomena ini karena keberadaan pandemi covid 19 mengakibatkan perubahan dalam sektor agama khususnya pada aktivitas kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Falah dan Gereja Bethel Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini untuk memahami dan menjelaskan pandangan terhadap aktivitas kegiatan keagamaan jamaah Masjid Baitul Falah dan jemaat Gereja Bethel Indonesia dalam situasi pandemi Covid-19. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai peneliti yaitu observasi, wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Peneliti melakukan observasi langsung di Masjid baitul Falah dan Gereja Bethel Indonesia yang berada di Ngagel. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap jamaah dan jemaat demi keabsahan data. Hasil temuan yang peneliti peroleh menghasilkan bahwasannya prinsip utama dalam teori interaksi simbolik George Herbert Mead dalam menganalisis kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Falah dan Gereja Bethel Indonesia adalah pemaknaan (meaning), yang merujuk pada beribadah sebagai kewajiban umat beragama. Bahasa (language), merujuk pada menghindari kebiasan bersalaman. Pikiran (thought), merujuk pada spanduk sebagai simbol untuk seseorang berinteraksi. Analisis pandangan jamaah Masjid Baitul Falah dan jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang terletak di Ngagel tentang kegiatan keagamaan melalui interaksi simbolik pendekatan thing-meaning-action dalam merespon adanya fenomena pandemi Covid-19 masing-masing jamaah dan jemaat memiliki pandangan yang berbeda-beda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggana, Bisma Dwibismadwianggana@gmail.comE92216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id / feryani66@gmail.com2008026901
Subjects: Gereja
Islam
Kristen
Keywords: Covid 19; Kegiatan Keagamaan; Islam; Kristen.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Bisma Dwi Anggana
Date Deposited: 07 Feb 2021 03:02
Last Modified: 07 Feb 2021 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46284

Actions (login required)

View Item View Item