Analisis risiko aset teknologi informasi menggunakan metode quantitative risk analys (QRA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Lailatul (2021) Analisis risiko aset teknologi informasi menggunakan metode quantitative risk analys (QRA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Maulida_H76216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam suatu organisasi perlu diterapkan manajemen risiko untuk melindungi organisasi dari risiko yang menimbulkan potensi kerugian. Jika risiko tersebut terjadi maka akan dapat menghambat pencapaian tujuan organisasi. Penggunaan aset teknologi informasi di TVRI Jawa Timur tidak lepas dari proses bisnis utamanya yakni produksi siaran TV. Namun, beberapa aset TI tersebut masih memiliki kerentanan terhadap risiko misalnya serangan virus, data hilang dll. Oleh karena itu diperlukannya suatu anlisis risiko agar dapat meminimalkan kerugian finansial yang akan terjadi akibat adanya risiko. Penelitian ini membahas tentang analisis risiko aset teknologi informasi di TVRI Jawa Timur menggunakan metode quantitative risk analys (QRA). Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui aset TI mana yang memiliki risiko dan nilai kerugian finansial tertinggi sehingga mendapatkan prioritas untuk dilakukannya pengendalian atau perawatan. Terdapat tujuh tahapan dalam metode quantitative risk analys (QRA) yaitu menentukan ruang lingkup, menetapkan aset, menentukan risikio/ancaman, menentukan koefisien dampak, evaluasi kelompok, penghitungan dan analisis. Pada penentuan ruang lingkup aset TI yang digunakan adalah aset TI di TVRI Jatim yang dikombinasikan dengan aset TI berdasarkan era 4.0. Tahap penghitungan menggunakan dua persamaan yakni Single Loss Expectancy (SLE) dan Annualized Loss Expectancy (ALE). Hasil dari tahapan analisis diperoleh bahwa jenis aset TI personal computer (PC) memiliki kerugian tertinggi sehingga perlu mendapatkan prioritas untuk pengendalian atau perawatan. Selain itu, jenis risiko/ancaman computer virus juga mendapatkan prioritas pengendalian atau perawatan karena memiliki kerugian tertinggi. Setelah diperoleh hasil analisis dilakukan tahap verifikasi hasil penelitian. Hasil dari verifikasi narasumber menyatakan bahwa hasil analisis sudah sesuai dengan dugaan narasumber karena di TVRI Jatim belum ada pengelolaan data center yang kompleks.

Kata kunci: Analisis risiko, aset TI, quantitative risk analys (QRA), risiko, TVRI Jawa Timur

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Lailatullailatulm185@gmail.comH76216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Analisis risiko; aset TI; quantitative risk analys (QRA); risiko; TVRI Jawa Timur.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Lailatul Maulida
Date Deposited: 07 Feb 2021 06:20
Last Modified: 07 Feb 2021 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46269

Actions (login required)

View Item View Item