Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darojat, Rizky Widya (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Widya Darojat_D04216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu faktor yang mendukung proses pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematika dapat dilatihkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC). Hal ini dikarenakan dalam langkah-langkah kegiatan model pembelajaran CIRC, peserta didik dilatih untuk memenuhi indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran model CIRC untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Modul Pembelajaran. Pengembangan perangkat mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) dan teknik validasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan, analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap Analysis proses pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh infomasi bahwa sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013, kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah, serta materi yang digunakan adalah SPLDV. Pada tahap Design dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan model pembelajaran CIRC. Pada tahap Development dikembangkan perangkat pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya, kemudian perangkat pembelajaran di validasi untuk mendapatkan penilaian dan saran perbaikan.Tahap Implementation dan Evaluation tidak dapat dilaksanakan, karena adanya wabah Covid-19; 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total RPP sebesar 4.09 dan rata-rata total modul pembelajaran sebesar 3.83, dan 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan rata-rata nilai “B” artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darojat, Rizky Widyarizkywidya3110@gmail.comD04216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyotyo@uinsby.ac.id2021088301
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Komunikasi Matematis; CIRC.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizky Widya Darojat
Date Deposited: 07 Feb 2021 05:48
Last Modified: 07 Feb 2021 05:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46246

Actions (login required)

View Item View Item