Aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak di Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inast, Riasatul (2021) Aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak di Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riasatul Inast_B93217154.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dari aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak, serta mengetahui hasil akhir dari aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak. Dalam menjawab problema tersebut, peneliti menggunakan model metode kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif dengan cara mengumpulkan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dipaparkan dalam bab penyajian data serta analisis penelitian. Layanan yang digunakan dalam membantu mengatasi permasalahan konseli yaitu dengan menggunakan terapi melukis yang bertujuan untuk mengurangi mutisme selektif dalam diri konseli. Terapi melukis yang dilakukan dimodifikasi dengan mendatangkan orang-orang yang dianggap dapat membantu konseli dalam menyelesaikan permasalahannya. Hasil dari aplikasi terapi melukis digambarkan dalam form observasi dan dijelaskan secara deskriptif pada penyajian data. Dalam pelaksanaan terapi diperoleh hasil yang cukup baik dengan dibuktikan oleh perubahan konseli. Mulai berani berinteraksi dengan lingkungan luar rumah, mau menanggapi proses belajar mengajar disekolah baik secara video call maupun interaksi saat berhadapan langsung dengan guru dan orang-orang yang ada disekolahnya. Serta konseli sudah mulai berani untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya lewat cerita kepada ibunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inast, Riasatulriasatul.13@gmail.comB93217154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir.uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Anak
Terapi
Keywords: Mutisme selektif; terapi melukis.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riasatul Inast
Date Deposited: 05 Feb 2021 10:14
Last Modified: 05 Feb 2021 10:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46222

Actions (login required)

View Item View Item