PERJUANGAN EKONOMI MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA : STUDI TENTANG UPAYA MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KARANGWUNGU LOR KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sun’iyah, Latifatus (2014) PERJUANGAN EKONOMI MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA : STUDI TENTANG UPAYA MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KARANGWUNGU LOR KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

TKI mempunyai potensi sangat besar untuk berubah dan menciptakan kesuksesan, mengingat selama bekerja di luar negeri mereka berjuang demi martabat diri dan keluarganya dengan berbagai keberhasilan yang diraih.Di Desa Karangwungu Lor, kebanyakan para Kepala Keluarga maupun lelaki bujang yang belum menikah dan juga perempuan bermigrasi ke luar negeri untuk menjadi TKI khususnya di Malaysia. Disamping banyak yang masih menjadi tenaga kerja di sana, tidak sedikit pula tenaga kerja yang pulang ke tanah air dan memutuskan untuk menjadi Mantan TKI. Mereka lebih memilih hal tersebut tentunya ada berbagai banyak alasan. Mantan TKI di Desa Karangwungu Lor ini ada yang bernasib baik dan ada pula yang bernasib sebaliknya, yang mana hal itu menjadi penentuan kelangsungan hidup keluarga yakni diharapkan para mantan TKI dapat mensejahterakan keluarga dan dirinya sendiri.
Ada dua rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1)Upaya apa saja yang ditempuh oleh para mantan Tenaga Kerja Indonesia dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Karangwungu Lor Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan? (2) Mengapa mantan Tenaga Kerja Indonesia memilih upaya (jenis pekerjaan) tertentu dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Karangwungu Lor Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan?
Menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai perjuangan ekonomi mantan TKI dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Kemudian data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan Teori Rasionalitas Max Weber.
Temuan dalam skripsi ini yakni (1) Upaya yang dilakukan para Mantan TKI tersebut antara lain:Berdagang bumbu dan sayuran di pasar serta menjadi guru pengajar Taman Posyandu, berjualan bakso, membuka Play Station (PS) dan toko, menjadi perangkat desa, sebagai nelayan di Bengawan Solo dan pekerja bangunan, bekerja dibidang pertanian, perikanan, dan peternakan. (2) jenis pekerjaan tertentu dipilih karena pekerjaan yang terbilang lancar, mudah untuk dilakukan, karena bisa secara bebas dan bisa diatur sendiri tanpa terikat dengan kalender umum, karena warisan orang tua, usaha tersebut belum ada saingannya, menjadi hobi dan kebiasaan yang sesuai dengan keahliannya, pekerjaan tersebut atas permintaan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muchammad Ismail
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sun’iyah, LatifatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Mantan TKI; Ekonomi Keluarga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 05:21
Last Modified: 09 Feb 2015 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item