Pengaruh Teknik Reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa bimbingan konseling islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2021) Pengaruh Teknik Reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa bimbingan konseling islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Khotimah_B03217023a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah: 1) Bagaimana pengaruh teknik reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Pengaruh teknik reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang memiliki tujuan mempelajari efek dari suatu perlakuan dan melihat hubungan sebab-akibat. Dalam penelitian ini disusun hipotesis sebagai berikut: H1: “Teknik reinforcement positif berpengaruh meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.”; H0: “Teknik reinforcement positif tidak berpengaruh meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.” Peneliti membagi responden menjadi dua kelompok yakni kelompok yang diberi teknik reinforcement positif (kelompok ekperimen) dan kelompok yang tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol). Dalam tahap penelitian, peneliti melakukan penyebaran kuesioner pre-test, pemberian perlakuan, pennyebaran kuesioner post-test. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan bantuan aplikasi software SPSS for windows 20. Untuk analisis data, peneliti menggunakan teknik uji t. Dan hasil akhir diketahui H1 diterima yang berarti, “Teknik reinforcement positif berpengaruh meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulkhusnulkhotimahtitim@gmail.comB03217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.akurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Bimbingan Konseling
Organisasi Mahasiswa
Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khusnul Khotimah
Date Deposited: 03 Feb 2021 12:29
Last Modified: 03 Feb 2021 12:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46197

Actions (login required)

View Item View Item