Analisis hukum islam terhadap akad jual-beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto (Ahsana Modern City)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Dedi (2021) Analisis hukum islam terhadap akad jual-beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto (Ahsana Modern City). Undergraduate thesis, UIN sunan ampel surabaya.

[img] Text
Dedi Saputra_C92216150.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dari judul Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Jual-beli Rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto, yang berupa penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana penerapan akad jual-beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan akad jual beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian dihimpun dari dokumen yang didapatkan dari klausul-klausul yang berkaitan dengan transaksi jual-beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto (Ahsana Modern City) yakni al-Wa’d dan akad bay’ bit taqsith, kemudian dilakukan wawancara mendalam dengan pihak internal perusahaan dan user, observasi terhadap permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya dianalisis menggunakan pola pikir analisis deskriptif. Hasil kesimpulan penelitian ini bahwa praktik transaksi jual beli yang dilakukan Ahsana Property Syariah adalah menggunakan akad Bai’ bit taqsith. Yang menjadi objek jual beli rumah syariah adalah berupa satu unit rumah yang telah terbangun 51% atau yang terdiri dari pondasinya, tiang-tiangnya, atapnya. Sebelum melakukan akad jual beli pihak pembeli melakukan al-Wa’ad terlebih dahulu. Dilihat dari segala aspek dasar hukum Islam baik dari Al-Qur’an, Hadis dan ijma’ penerapan akad jual beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto (Ahsana Modern City) ini sudah sesuai dengan dasar hukum Islam, dalam artian praktinya sudah relevan dengan hukum Islam. Berdasarkan rukun dan syarat dalam jual beli rumah di Ahsana Property Syariah Mojosari Mojokerto (Ahsana Modern City) ini sudah sesuai syara’. Dengan adanya kajian terhadap transaksi jual-beli yang dilakukan oleh Ahsana Property Syariah ini maka penulis memberikan sebuah pandangan dan saran bahwa transaksi jual-beli rumah syariah ini adalah bertujuan untuk mempermudah masing-masing pihak, maka dengan akad bai’ bit taqsith dan diawali dengan adanya al-Wa’d sangat bermanfaat dan perlu dikembangkan lebih luas. Selama dalam transaksinya tidak terjadi hal-hal yang dilarang oleh syariat maka akad jual beli ini sangat dibutuhkan oleh orang banyak yang ingin memiliki rumah idaman dengan modal pas-pasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Dedidedisatriapingit@gmail.comC92216150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsholihuddin, Moh.sholih.uinsa@gmail.com2025077701
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Perumahan
Keywords: Jual Beli Property; Ahsana Property.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Saputra
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:07
Last Modified: 04 Feb 2021 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46187

Actions (login required)

View Item View Item