Pemikiran Quraish Shihab tentang kriteria wanita yang boleh dinikah Poligami dan Relevansinya bagi pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahrin, Alfi (2020) Pemikiran Quraish Shihab tentang kriteria wanita yang boleh dinikah Poligami dan Relevansinya bagi pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Syahrin_C01216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemikiran Quraish Shihab Tentang Kriteria Wanita yang Boleh Dinikah Poligami dan Relevansinya Bagi Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Adapun maksud dari penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Quraish Shihab tentang kriteria wanita yang boleh dinikah poligami ? dan bagaimana relevansi pemikiran Quraish Shihab tentang kriteria wanita yang boleh dinikah poligami bagi pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia? Penelitian ini bersumber dari berbagai referensi (bahan hukum), maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deduktif, yakni pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan kesepakatan premis. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisa pemikiran Quraish Shihab tentang poligami saat diposisikan sebagai basis pembaharuan hukum perkawinan Islam di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Quraish Shihab menytakan kriteria wanita yang boleh dinikah poligami adalah janda-janda tua yang membutuhkan pertolongan dan janda yang ditinggal mati suaminya di medan perang, namun hal tersebut belum relevan dengan kontek negara Indonesia. Berdasarkan kesimpulan di atas, saran kepada mahasisa/i hendaknya mengkaji lebih dalam tentang hukum-hukum positif di Indonesia sesuai perkembangan zaman khususnya dengan masalah kriteria wanita yang boleh dinikah poligami. Karena hukum bersifat dinamis maka pada pihak stakeholders harus mempertimbangkan kembali peraturan-peraturan mengenai poligami yang masih di anggap bias gender.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahrin, Alfialfisyahringupran@gmail.comC01216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohamad, Budionobudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Hukum Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemikiran Quraish Shihab; Poligami.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Alfi Syahrin
Date Deposited: 03 Feb 2021 10:43
Last Modified: 03 Feb 2021 10:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46177

Actions (login required)

View Item View Item