Terapi membaca Al-qur'an untuk mengatasi stres kerja pada Karyawan Badan Usaha Milik Desa Banter Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sufi'ana, Avy Eka Putry (2021) Terapi membaca Al-qur'an untuk mengatasi stres kerja pada Karyawan Badan Usaha Milik Desa Banter Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avy Eka Putry Sufi’ana_B93217126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaiamana proses Terapi Membaca Al-Qur’an dengan Pendekatan Kognitif Untuk Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan Badan Usaha Milik Desa Banter Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana Hasil Akhir Pelaksanaan Terapi Membaca Al-Qur’an dengan Pendekatan Kognitif Untuk Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan Badan Usaha Milik Desa Banter Kabupaten Gresik?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif, dengan membandingkan perspektif teori yang meliputi 5 langkah yaitu : identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatmen/terapi, evaluasi dan follow. Dalam proses konseling, konselor memberikan tiga tahap treatmen yaitu terapi membaca Al-qur’an, pendekatan kognitif, pemberian tugas, dan support system dari keluarga. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya, yaitu dengan membandingkan kondisi stres kerja yang dirasakan konseli sebelum dan sesudah proses terapi dilakukan. Adapun hasil dari penelitian ini, setelah melalui tahapan-tahapan konseling seperti identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan follow-up, konseli mengalami perkembangan yang cukup berhasil dan lebih baik dari sebelumya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan kondisi serta perilaku konseli setelah melaksanakan proses terapi yang telah diberikan oleh konselor atau peneliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sufi'ana, Avy Eka Putryavyekaputry5@gmail.comB93217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Depresi
Terapi
Spiritualisme
Keywords: Al-quran Reading Therapy; Cognitive Approach; Job stress.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Avy Sufi'ana
Date Deposited: 10 Feb 2021 13:21
Last Modified: 10 Feb 2021 13:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46172

Actions (login required)

View Item View Item