Crime Alarm System di Wilayah Polres Bojonegoro perspektif Maqāṣhid syari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Lanang Habib (2021) Crime Alarm System di Wilayah Polres Bojonegoro perspektif Maqāṣhid syari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lanang Habib Muhammad_C93216087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini data yang diperlukan, diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yaitu beupa interview atau wawancara secara langsung dengan para pihak yang berkaitan dengan crime alarm system. Data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan crime alarm system, yakni berupa bahan data primer dan bahan data sekunder. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa crime alarm system dari segi kinerja aplikasi Crime Alarm System dinilai masih kurang efektif dan efesien, dari segi ke efektifitasan, berdasarkan data yang diperoleh penggunaan aplikasi Crime alarm system untuk melaporkan suatu tindak kejahatan yang terjadi masih sangat minim. Begitu juga dengan masalah pengurusan surat, Polres Bojonegoro masih belum memiliki layanan secara online sehingga korban tetap harus datang ke kantor polisi. Pihak Polres Bojonegoro juga menganggap bahwa untuk layanan surat dibutuhkan prosedur untuk melegalkan surat seperti pembubuhan stempel dari pimpinan. juga mempengaruhi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Crime Alarm System. Jika dilihat dari kacamata maqāṣhid syari’ah, Crime Alarm System dalam menanggulangi kejahatan yang terjadi di Kota Bojonegoro, maka dapat di kategorikan sudah memenuhi dari konsep dharuriyat karena penjelasan agar melindungi ke 5 aspek tersebut yaitu, agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Selaras dengan tujuannya dalam pengaplikasiannya di masyarakat, Aplikasi Crime Alarm System sangat memudahkan masyarakat dalam melaporkan tindak kejahatan yang terjadi di sekitarnya. Masyarakat tidak perlu menuju kantor polisi terlebih dulu untuk melaporkan tindak kejahatan yang terjadi, cukup menggunakan gadget saja, maka dapat dikatakan aplikasi Crime Alarm System sudah sesuai dalam memenuhi aspek hajiyyat. Crime Alarm System juga sudah sesuai dengan aspek tahsiniyyat yakni aspek pelangkap dalam tatanan hidup agar menjadi aman dan tentram. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada pihak Polres Bojonegoro mengembangkan lagi crime alarm system agar kekurangan yang terdapat pada aplikasi tersebut dapat diatasi dengan baik dan kedepannya dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Bojonegoro khususnya. Dan Kota Bojonegoro lebih aman lagi untuk masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Lanang Habiblananghabib07@gmail.comC93216087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahid, Sahid--2009036804
Subjects: Hukum Islam
Layanan
Keywords: Crime Alarm System; Maqāṣhid Syari’ah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Lanang Habib Muhammad
Date Deposited: 02 Feb 2021 21:18
Last Modified: 02 Feb 2021 21:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46161

Actions (login required)

View Item View Item