Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Hak Cipta No.28 Tahun 2014 Terhadap Pembuatan Video Lirik di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainia, Zawida (2021) Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Hak Cipta No.28 Tahun 2014 Terhadap Pembuatan Video Lirik di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zawida Ainia_C92215194.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pembuatan video lirik di youtube adalah proses pembuatan video musik yang fokus pada lirik dari musik yang dimainkan. Komposisi video lirik terdiri dari video dan musik. Video cenderung dibuat dari hasil kreasi sendiri, adapun musik diperoleh dari pihak ketiga penyedia layanan gratis yaitu Website NCS (No Copyright Sounds) tanpa izin pemilik hak cipta secara langsung. Kemudian pembuat video atau konten kreator memonetasi sehingga mendapatkan keuntungan finansial dengan mengaktifkan google adsense di Youtube. Kedua, menurut Hukum Islam (Teori Ghasab) dan UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014, untuk kategori video tidak bertentangan dengan norma yang berlaku dikarenakan hasil kreasi sendiri. Sedangkan, kategori musik yang mengiringi video bertentangan dengan pendapat jumhur ulama (Ḥanafīyah, Mālikīyah, Ḥanābilah, dan Syāfi‘īyah) karena pengambilan harta seseorang secara paksa tanpa izin pemiliknya (ghasab) dan bertentangan dengan pasal 9 ayat 1 huruf (b), (e), (g) dan pasal 9 ayat (3) Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang menyebutkan bahwa setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi wajib mendapatkan izin pencipta atau pemegang hak cipta. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka para pemegang hak cipta lagu diharapkan agar lebih pro aktif menindaklajuti dengan membuat aduan terhadap video-video lirik yang mengambil lagu/musik tanpa izin yang resmi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainia, Zawidazaaawidain@gmail.comC92215194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam_al@yahoo.com2012085801
Subjects: Hak Cipta
Keywords: HakCipta; Undang undang hak cipta; Pembuatan vidio lirik di youtube; Youtube.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zawida Ainia
Date Deposited: 05 Feb 2021 20:35
Last Modified: 05 Feb 2021 20:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46139

Actions (login required)

View Item View Item