Representasi family support pada anak korban kekerasan seksual dalam film pendek Asa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Usfuro, Malichatul (2021) Representasi family support pada anak korban kekerasan seksual dalam film pendek Asa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Malichatul Usfuro_B05217033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kekerasan seksual kini sedang marak-maraknya diberitakan di media. Dan kekerasan seksual umumnya rentan terjadi pada usia anak, dan perempuan secara universal di Indonesia. Anak merupakan sasaran empuk bagi pelaku kekerasan seksual. Sebab selain memiliki sedikit kekuatan untuk melawan, anak sering tidak mengerti apa yang sedang menimpa dirinya. Isu sosial seperti ini kemudian di angkat menjadi film. Dan terciptalah film pendek Asa. film ini diangkat dari kisah nyata seorang remaja penyintas kekerasan seksual dengan menonjolkan nilai family support di dalamnya. Dukungan keluarga (family support) pada anak korban kekerasan seksual yang direpresentasikan dalam Film Pendek Asa menjadi fokus penelitian. Bentuk pembahasan yang meliputi deskripsi, penggambaran, dan pemaknaan pada setiap scene terkait fokus penelitian. Metode penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan pendekatan kontruktivis yaitu pendekatan yang dibangun dari benak ide abstrak dari pikiran setiap individu dengan merujuk pada bahasa yang mudah dipahami dan berkaitan dengan realita sosial. yang kemudian dioperasionalkan dengan teori representasi dan perspektif keislaman. Hasil penelitian meliputi representasi family support pada anak korban kekerasan seksual dalam Film Pendek Asa. dengan beberapa bentuk-bentuk family sypport yang digambarkan dalam film yaitu (1) dukungan emosional (2) dukungan informasi (3) dukungan penghargaan, dan (4) pembelaan lewat jalur hukum . Empat poin tersebut yang menjadi garis besar hasil penelitian merupakan pengenalan isu-isu sosial terkait dinamika korban kekerasan seksual dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Usfuro, Malichatulmalicha.usfuro04@gmail.comB05217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Film
Orang tua dan Anak
Perilaku > Perilaku Seksual
Keywords: Representasi; family support; Kekerasan Seksual pada Anak; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Malicha Usfuro
Date Deposited: 03 Feb 2021 22:20
Last Modified: 03 Feb 2021 22:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46127

Actions (login required)

View Item View Item