CARA-CARA MEMPERTAHANKAN HIDUP KELUARGA NELAYAN KECIL DI DESA PACIRAN KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Amalia (2014) CARA-CARA MEMPERTAHANKAN HIDUP KELUARGA NELAYAN KECIL DI DESA PACIRAN KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pekerjaan sebagai nelayan merupakan mata pencaharian pokok bagi masyarakat pesisir di Desa Paciran. Penghasilan yang diperoleh dari bekerja sebagai nelayan yang serba tidak menentu dalam setiap harinya karena bergantung dari hasil alam tentunya membuat nelayan semakin kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup,ditambah lagi dengan adanya pelabuhan di desa Paciran serta keadaan perairan laut disekitar desa Paciran yang sekarang mulai tercemar dengan adanya limbah pabrik di sekitar laut Paciran yang tentunya bisa menganggu ekosistem ikan yang bisa berpengaruh pada pengurangan dan minimnya hasil tangkap nelayan di desa pesisir tersebut.Sementara para harus menghidupi dan mencari nafkah untuk anggota keluarga mereka. Jika dihitung dengan pendapatan nelayan di desa Paciran yang minim dan serba tidak menentu tentu saja hal tersebut sulit bisa terwujud.
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1)Bagaimana kondisi ekonomi keluarga nelayan kecil di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, (2)Bagaimana cara-cara keluarga nelayan kecil di Desa Paciran dalam mempertahankan hidup.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai cara-cara bertahan hidup keluarga nelayan kecil di desa Paciran. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori Struktural-fungsional Talcott Parsons.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) kondisi ekonomi keluarga nelayan kecil di desa Paciran serba pas-pasan. Dengan hanya mengandalkan hasil laut yang tidak menentu dalam setiap harinya membuat keluarga nelayan kecil desa Paciran terkadang tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga mereka, apalagi saat musim paceklik tiba membuattingkat kesejahteraan nelayan kecil di desa Paciran rendah. (2)Cara-cara yang dilakukan oleh keluarga nelayan kecil dalam mempertahankan hidup adalah dengan melalui beberapa pendekatan. pertama, meminimalisir pengeluaran rumah tangga. Kedua, Peranan anggota keluarga lain seperti istri dan anak dalam bekerja. Ketiga, adanya pekerjaan sambilan yang dilakukan oleh para nelayan kecil desa Paciran saat mereka pulang dari mencari ikan dilaut (diversifikasi pekerjaan). Keempat, mengintensifkan hasil tangkapan. Kelima, Mencari Pinjaman Uang.Keenam, Mengintensifkan Pekerjaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muchammad Ismail
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, AmaliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Sosiologi
Keywords: Cara Bertahan Hidup; Keluarga; Nelayan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 05:13
Last Modified: 09 Feb 2015 05:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item