Analisis semiotik representasi disharmoni keluarga dalam film Coco

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Fira Maulida Nur (2021) Analisis semiotik representasi disharmoni keluarga dalam film Coco. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Mulida Nur Hidayah_B76216058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi disharmoni keluarga yang terdapat pada film animasi 3D fantasi keluarga yang berjudul “Coco” yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana representasi disharmoni keluarga yang digambarkan dalam film ini. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kritis dalam bingkai Teori Konflik Sosial milik Ralf Dahrendorf dan dengan pisau Analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa representasi disharmoni keluarga yang digambarkan dalam film ini. Diantaranya adalah adanya representasi dari (1) kegagalan peran dalam keluarga (2) tidak adanya dukungan dari anggota keluarga (3) perilaku melawan dan memberontak akibat disharmoni keluarga (4) tidak adanya rasa saling mengerti dalam keluarga. Melalui penelitian ini, diharapkan pemaknaan mengenai disharmoni keluarga yang terkandung dalam Film Animasi Coco ini dapat menjadi acuan untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Kata kunci : Representasi, Disharmoni keluarga, Film

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Fira Maulida Nurfiramaulida98@gmail.comB76216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Keluarga
Film
Keywords: Representasi; Disharmoni Keluarga; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fira Maulida Nur Hidayah
Date Deposited: 04 Feb 2021 12:51
Last Modified: 04 Feb 2021 12:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46066

Actions (login required)

View Item View Item