Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa lapak di Jalan Wisata Menanggal Kec. Gayungan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tafuzi, Ittaqi (2020) Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa lapak di Jalan Wisata Menanggal Kec. Gayungan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ittaqi Tafuzi_C92216110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Data penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara dan selanjutnya dianalis oleh penulis menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pola pokir induktif yaitu teknik analisa data yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yangbersifat umum yang berkaitan dengan Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa-menyewa Lapak di Jalan Wisata Menanggal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama dalam kerjasama sewa-menyewa yang dilakukan oleh pengelola dengan pedagang tidak adanya kesepakatan tertulis melainkan hanya kesepakatan lisan, dan dalam akad di awal pengelola tidak menjelaskan adanya pemindahan lapak yang dilakukan oleh pengelola saat pedagang sudah memenuhi kewajiban membayar sewa lapak. Sedangkan pihak pengelola pasar memindahkan lapak pedagang tersebut di pertengahan masa sewa ke blok lain dengan catatan membayar sewa lagi, karena ke blok lainnya dengan pengelola yang berbeda, hal tersebut jelas sangat merugikan pihak pertama selaku pedagang. Kedua, menurut Hukum Islam praktik kerjasama yang tidak sesuai dengan kesepakatan di awal baik dari segi masa sewa begitupun dengan berakhirnya sewa-menyewa secara sepihak dan dapat merugikan salah satu pihak dapat disimpulkan bahwa perjanjian yang dilakukan dapat dikatakan batal atau tidak sah, karena dalam pelaksanaan perjanjian si pengelola pasar atau pihak yang menyewakan telah menyewakan lapak ke pihak ketiga dengan alasan harga sewa yang ditawarkan oleh pihak ketiga lebih tinggi dan itu tanpa sepengetahuan dari pihak pertama. Aktivitas sewa-menyewa tersebut terjadi di Jalan Wisata Menanggal Kec. Gayungan Kota Surabaya ini persis di pinggir jalan raya Wisata Menanggal. Adapun saran untuk pengelola agar memperjelas prosedur penyewaan lapak saat pertama kali akad dilakukan sehingga tidak akan ada pihak yang dirugikan dan sewa-menyewa dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tafuzi, Ittaqiittaqitafuzi106@gmail.comC92216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Sewa
Keywords: sewa menyewa lapak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ittaqi tafuzi
Date Deposited: 28 Jan 2021 11:47
Last Modified: 28 Jan 2021 11:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46030

Actions (login required)

View Item View Item