Peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan di Masjid Baitul Muslimin Desa Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuddin, Viqi Al (2021) Peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan di Masjid Baitul Muslimin Desa Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Viqi Al Wahyuddin_B94217071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan di Masjid Baitul Muslimin. Selain itu, juga untuk mengetahui proses pengambilan keputusan yang ada di Masjid Baitul Muslimin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif digunakan sebagai cara yang praktis unutk menjabarkan dan menjelaskan peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan cara triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pemimpi di Masjid Baitul Muslimin merupakan seorang yang demokratis. Hal tersebut dilihat dari cara pengambilan keputusan dengan musyawarah dan senang menampung aspirasi anggota. Peran pemimpin di Masjid Baitul Muslimin, yaitu mengarahkan, membimbing, menampung aspirasi, penengah apabila ada perbedaan pendapat, dan memberikan motivasi. Kemudian, peran pemimpin di Masjid Baitul Muslimin dalam pengambilan keputusan, yaitu memediasi apabila ada perbedaan pendapat, moderator, penampung aspirasi, dan mengadakan voting untuk mengambil keputusan yang terbaik. Adapaun tahapan pengambilan keputusan di Masjid Baitul Muslimin, yaitu: Penelusuran (tahap ini membuat undangan dan musyawarah), Desain (tahap ini memediasi perbedaan pendapat dan pembuatan alternatif masalah), Choice (tahap ini memilih alternatif yang telah dibuat), Implementasi (tahap ini melaksanakan keputusan yang telah ditetapkan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuddin, Viqi Alalawiviqi@gmail.comB94217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: Pemimpin; Keputusan; Masjid.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Viqi Al Wahyuddin
Date Deposited: 29 Jan 2021 13:12
Last Modified: 29 Jan 2021 13:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46023

Actions (login required)

View Item View Item