Bimbingan dan konseling islam dengan terapi muhasabah untuk menumbuhkan kurangnya penerimaan diri pada remaja di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habiba, Ardhalia Zuraida (2021) Bimbingan dan konseling islam dengan terapi muhasabah untuk menumbuhkan kurangnya penerimaan diri pada remaja di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardhalia Zuraida Habiba_B93217075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian: Bagaimana proses munculnya serta dampak dari pemberian bimbingan konseling islam dengan terapi muhasabah dalam menumbuhkan kurangnya penerimaan diri pada seorang remaja di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo?. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode grounded theory di mana pengumpulan informasi, pengembangan informasi, pengembangan serta rancangan teoritis. Dalam penelitian ini proses bimbingan konseling islam dengan terapi muhasabah dalam menumbuhkan kurangnya penerimaan diri pada seorang remaja melalui langkah Identifikasi, Diagnosis, Prognosis, Treatment, Evaluasi dan Follow Up. Treatment menggunakan Terapi Muhasabah dengan menjalankan kewajiban seorang muslim dengan tekun beribadah untuk membantu terketuknya pintu hatinya, pemberian masukan motivasi dengan pengarahan menjelaskan kelebihan yang bisa dikembangkannya, dan pemberian kata-kata motivasi dengan iringan intrumen agae membantu berfikir secara positif. Hasilnya ialah mampu memikirkan dampak dari setiap perbuatan yang akan dilakukan, mengintropeksi diri agar mampu mengelola fikiran negatifnya, dengan tidak anti sosial yang berdampak pada pergaulan bebas, tidak bersikap apatis dengan keluarganya, dan mampu memilah hal baik dan buruk untuk dirinya, serta belajar untuk memahami perkataan orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habiba, Ardhalia Zuraidaardhalia.xd.2014@gmail.comB93217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.akurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Dakwah
Keywords: Bimbingan dan Konseling IslamTerapi Muhasabah; Penerimaan Diri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ardhalia Zuraida Habiba
Date Deposited: 04 Feb 2021 11:32
Last Modified: 04 Feb 2021 11:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46009

Actions (login required)

View Item View Item