HAGIOGRAFI SAYYID MUḤAMMAD BIN ‘ALAWY AL-MĀLIKY AL-HASANY (1365-1425 H / 1946-2004 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdani, Muhammad (2014) HAGIOGRAFI SAYYID MUḤAMMAD BIN ‘ALAWY AL-MĀLIKY AL-HASANY (1365-1425 H / 1946-2004 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian pustaka dan lapangan mengenai seorang tokoh ulama’ Sunni yang berasal dari kota Mekah, Arab Saudi. Judul dari penelitian ini adalah ‚Sayyid Muḥammad bin AlawyAl-Māliky (1946-2004)‛. Permasalahan yang menjadi titik berat pada objek kajian ini adalah siapa sosok Sayyid MuḥammadAl-Māliky. Pada bagian ini akan ditelusuri latar belakang tokoh tersebut, baik dari segi nasab maupun latar belakang pendidikannya. Setelah itu kajian ini juga menelusuri bagaimana karir dan keseharian tokoh tersebut, termasuk bagaimana ia hidup dalam wilayah yang mayoritas adalah penganut aliran yang berseberangan dengannya. Selanjutnya permasalahan kedua adalah mengorek jalan berpikir tokoh itu sehingga dapat diketahui bagaimana pandangan dan perspektifnya dalam bidang keagamaan. Bagian ini merupakan permasalahan sekunder untuk melengkapi ilustrasi sosok tokoh tersebut. Kemudian bagian terakhir adalah membahas bagaimana dia mendidik para muridnya di ribāṭ yang diasuhnya, dan bagaimana peranan dan pengaruhnya dalam masyarakat, baik masyarakat Mekah, maupun luar Mekah, termasuk Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, sehingga dalam mendiskripsikannya akan dijelaskan sesuai dengan aturan dan cara yang sesuai dengan ketentuan pendekatan tersebut. Kemudian untuk melengkapi penyusunan karya ilmiah ini, penulis menambahkan metode sebagai prosedur standar laporan hasil karya ilmiah, yaitu heuristik, verifikasi, kritik dan yang terakhir historiografi.
Sesuai dengan teori yang dipakai, yakni teori kharismatik, penulis menemukan hasil bahwa Sayyid MuḥammadAl-Māliky sangat sesuai dengan bagaimana teori tersebut membuat batasan tentang seseorang yang memiliki kharisma, bahwa seseorang yang memiliki kharisma, mampu membuat orang yang berada di dekatnya akan terkena daya tarik sehingga pemikiran dan visi misinya diikuti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dwi Susanto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdani, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Uncontrolled Keywords: Sayyid Muhammad bin ‘Alawy Al-Māliky Al-Hasany
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:28
Last Modified: 03 Feb 2015 04:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item