Analisis semiotik simbol pesan galau dalam Lirik Lagu Cidro - Didi Kempot

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marsella, Shanty (2021) Analisis semiotik simbol pesan galau dalam Lirik Lagu Cidro - Didi Kempot. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shanty Marsell_B05217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyampaian pesan galau melalui lirik lagu merupakan sebuah simbol yang dikemas dengan unik, menarik, dan mengandung makna tersirat untuk mengekspresikan perasaan seseorang. Dalam penelitian ini, persoalan yang hendak dikaji mencakup Bagaimana simbol dan makna simbol pesan galau yang disampaikan dalam lirik lagu Cidro karya Didi Kempot? Untuk mengkaji fokus penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kritis dan analisis semiotik model Roland Barthes yang menelaah makna denotatif dan konotatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa lirik lagu Cidro mengandung simbol – simbol mengenai pesan galau berupa mengingat masa lalu, sakit hati, kecewa, dan merana. Sedangkan untuk makna setiap simbol pesan galau adalah Mengingat masa lalu bermakna seorang kekasih yang tidak bisa melupakan kenangan – kenangan indah bersama kekasihnya atau disebut dengan belum moveon atau beranjak dari orang yang dicintainya; Sakit hati bermakna seorang kekasih yang dikhianati oleh orang terdekatnya (kekasih); Kecewa bermakna seorang pasangan yang telah membohongi atau mengingkari janji yang dibuat bersama sebelumnya dan seorang pasangan yang dipandang sebelah mata kemudian ditinggalkan kekasihnya karena kondisi finansial yang kurang; Merana bermakna seorang kekasih yang merasa terluka atau merana karena telah dikecewakan oleh pasangannya seperti ditinggalkan, dibohongi, dan dikhianati, dan dipandang sebelah mata oleh kekasih yang dicintainya selama ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marsella, Shantyshantymarsella5@gmail.comB05217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Dakwah > Semiotika
Keywords: Semiotik; Lirik Lagu; Galau; Cidro.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shanty Marsella
Date Deposited: 27 Jan 2021 09:45
Last Modified: 27 Jan 2021 09:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45987

Actions (login required)

View Item View Item