Strategi komunikasi radio Suara Muslim Surabaya dalam mengelola program siaran di tengah pandemi COVID-19.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunissa, Shafira (2021) Strategi komunikasi radio Suara Muslim Surabaya dalam mengelola program siaran di tengah pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafira Choirunissa_B75217098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan proses strategi komunikasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya di masa pandemi COVID-19. Selain itu juga mendeskripsikan strategi popularitas yang dilakukan oleh radio Suara Muslim Surabaya untuk meningkatkan rating program siaran. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan konstruktivis dan menggunakan teori strategi komunikasi Phil Jones. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan strategi komunikasi dilakukan melalui rapat internal dengan mempertimbangkan situasi pandemi sehingga menghasilkan rancangan program baru, perubahan jam siar, efisiensi biaya operasional program, narasumber, dan iklan. Proses pelaksanaannya dilakukan dengan penggunaan software Anydesk dan mixer virtual untuk bisa siaran dari rumah masing-masing selama work from home, menggunakan telfon sebagai sarana komunikasi jarak jauh dengan narasumber, dan iklan produk yang disiarkan diubah dengan iklan layanan masyarakat tentang pandemi. Tantangan yang dihadapi yaitu kendala teknis saat menggunakan telfon, penyiar yang harus beradaptasi dengan program baru, produser yang harus membuat materi siaran dan narasumber yang dipilih lebih menarik lagi. Pada proses evaluasi dilakukan secara berkala yang dikomunikasikan kepada tim segala kekurangannya yang kemudian diperbaiki dan dirancang ulang strategi komunikasi agar lebih efektif. (2) Strategi popularitas dilakukan melalui tiga ranah yaitu on air, off air, dan online. Melalui ketiga ranah tersebut, membuat radio ini semakin dikenal dan dapat bertambah jumlah pendengarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunissa, Shafirashafiraxtvr2@gmail.comB75217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Radio - Penyiaran
Keywords: Strategi Popularitas; Radio Suara Muslim Surabaya; Pengelolaan Program Siaran; COVID-19.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shafira Choirunissa
Date Deposited: 26 Jan 2021 23:33
Last Modified: 26 Jan 2021 23:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45953

Actions (login required)

View Item View Item