Penerapan principle base atas pengakuan pendapatan dari kontrak pelanggan pada PSAK 72

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arista, Meliana Wanda (2021) Penerapan principle base atas pengakuan pendapatan dari kontrak pelanggan pada PSAK 72. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meliana Wanda Arista_G72217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir yang berjudul “Penerapan Principle Based atas Pengakuan Pendapatan dari Kontrak Pelanggan pada PSAK 72” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana pengakuan pendapatan atas penerapan PSAK 72 pada Kontrak Pelanggan PT. Duta Intidaya serta bagaimana penyajian laporan keuangan berdasarkan principle based atas pengakuan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan content analysis. Pengumpulan data melibatkan data sekunder dengan melihat artikel, buku, jurnal serta menelaah suatu laporan keuangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah PT. Duta Intidaya telah menerapkan PSAK 72 dengan pengakuan pendapatan berdasarkan lima tahapan, yaitu mengidentifikasi kontrak dengan pelanggan, mengidentifikasi kewajiban pelaksanaan, menentukan harga transaksi, mengalokasikan harga transaksi terhadap kewajiban pelaksanaan dan mengakui pendapatan. Akan tetapi, pada laporan keuangan tersebut tidak dijelaskan lebih detail kontrak pelanggan yang terdiri atas biaya kontrak sehingga belum sepenuhnya menerapkan yang sesuai dengan PSAK 72. PT. Duta Intidaya Tbk juga telah menerapkan standar principle based, yaitu entitas telah mengendalikan manfaat ekonomis transaksi termasuk penetapan harga dan realisasi mayoritas arus kas dari penjualan, mengendalikan hubungan dengan pelanggan dan bertanggung jawab untuk memenuhi janji dalam menyediakan barang kepada pelanggan. PT. Duta Intidaya mulai melakukan penerapan dini di tahun 2019 untuk meminimalisir resiko ataupun kendala yang terjadi sebelum pemberlakuan efektif PSAK 72 di tahun 2020. Dengan begitu, diharapkan perusahaan tersebut mampu memberikan manfaat terhadap perusahaan lain yang sesuai dengan pengakuan pendapatan PSAK 72 serta menjaga konsistensi standar yang akan digunakan sesuai dengan pengungkapan PSAK 72 khususnya laporan keuangan yang fungsinya untuk disajikan kepada pemangku kepentingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arista, Meliana Wandamelianawanda08@gmail.comG72217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com199307302019032029
Subjects: Ekonomi
Metode Pembelajaran
Perguruan Tinggi
Keywords: Principle Based; PSAK 72; Kontrak.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Meliana Wanda Arista
Date Deposited: 03 Feb 2021 23:13
Last Modified: 03 Feb 2021 23:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45950

Actions (login required)

View Item View Item