Peningkatan kepercayaan diri melalui kegiatan bernyanyi di TK B KUSUMA MULIA Bumirejo Badas Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmasari, Nur Eli (2021) Peningkatan kepercayaan diri melalui kegiatan bernyanyi di TK B KUSUMA MULIA Bumirejo Badas Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Eli Irmasari_D98216077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari suatu peristiwa atau kejadian yang saya temui ketika PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di RA Hidayatullah 1 kota Mojokerto pada kelas B3 yang mayoritas 17 dari 20 siswa banyak yang pendiam, tidak mau mengikuti perintah serta arahan guru, hanya sekitar 20% atau 4 siswa yang mau mengikuti arahan guru, bernyanyi serta berdoa bersama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bernyanyi bersama menggunakan alat peraga pom-pom dalam mengembangkan kepercayaan diri? Bagaimana tingkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bernyanyi bersama menggunakan alat peraga pom-pom? Serta faktor apa saja pendukung dan penghambat metode bernyanyi bersama dalam mengembangkan rasa percaya diri?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan bernyanyi bersama menggunakan alat peraga pom-pom dalam mengembangkan kepercayaan diri (2) Mengetahui tingkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bernyanyi bersama menggunakan alat peraga pom-pom (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode bernyanyi bersama dalam mengembangkan rasa percaya diri.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dan dalam tiap siklus dibagi menjadi 4 tahap yaitu perencanaan,tindakan, observasi dan penilaian. Subjek penelitian siswa kelas B TK Kusuma Mulia yang terdiri atas 17 siswa, 10 diantaranya adalah siswa laki-laki dan 7 adalah siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I diperoleh skor 36 dan pada Siklus II diperoleh hasil skor 42. Hal ini menunjukan adanya peningkatan sebesar 6 skor. Bisa dikatakan kepercayaan diri siswa meningkat dengan pembelajaran bernyanyi bersama dengan menggunakan alat peraga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmasari, Nur EliPradanamuhammad9@gmail.comD98216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Kepribadian
Minat Siswa
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Kepercayaan diri; Bernyanyi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Eli Irmasari
Date Deposited: 27 Jan 2021 10:29
Last Modified: 27 Jan 2021 10:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45909

Actions (login required)

View Item View Item