PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR KELAS I MI AL -HIKMAH TAMBAKSARI SURABAYA

Habiba, Siti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR KELAS I MI AL -HIKMAH TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas I MI Al-Hikmah Tambaksari Surabaya.Tahun pelajaran 2014/2015, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca nyaring masih rendah. Melalui media kartu kata bergambar ini permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui penggunaan Media Kartu Kata Bergambar pada siswa kelas I MI Al-Hikmah Tambaksari Surabaya.
Upaya meningkatkan kemampuan membaca nyaring merupakan kebutuhan yang mendesak untuk dilakukan. Langkah yang peneliti tempuh adalah menyediakan alat peraga kongkrit yaitu media kartu kata bergambar. Media kartu kata bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat memberikan pengalaman kongkrit, meningkatakan motivasi belajar siswa dan mempertinggi daya serap siswa serta siswa dapat memusatkan perhatiannya dalam belajar. Melalui penggunaan media kartu kata bergambar diharapkan taraf kesukaran dan kompleksitas dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang memberi pengaruh yang cukup besar dalam proses belajar sehingga hasilnya akan lebih baik.
Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media Kartu kata bergambar.pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa saat proses penbelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) hal ini terlihat dari Kemampuan siswa membaca nyaring pada kondisi awal 35 % menjadi 60% pada siklus I meningkat 25% dan menjadi 85% dari indikator yang di harapkan sebelumnya yaitu 75% dari siklus I ke siklus II meningkat 25%.
Dari hasil belajar evaluasi membaca nyaring nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal 57,50 menjadi 70 pada siklus I naik 12,5 dan menjadi 82,5 pada siklus II mencapai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5. Indikator keberhasilan rata-rata kelas pada penelitian ini telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65 berarti sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Umi Hanifah
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Kata Bergambar; Membaca Nyaring; Kemampuan Membaca
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 04:59
Last Modified: 09 Feb 2015 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item