Peran Tim Silaturrahim Anggota (TSA) sebagai solusi pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Agustina Hadi (2020) Peran Tim Silaturrahim Anggota (TSA) sebagai solusi pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agustina Hadi Putri_G94216086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara dari anggota TSA, pengurus BMT lain, dan anggota bermasalah yang telah di observasi, dan juga jumlah anggota bermasalah yang kembali mengangsur. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur oleh Tim Silaturrahim Anggota (TSA) dengan melakukan kunjungan pada anggota bermasalah kategori diragukan dan macet sedangkan untuk kategori kurang lancar belum menjadi prioritas kunjungan melainkan dihubungi melalui panggilan telepon atau pesan Whatsapp terlebih dahulu. Kunjungan kepada anggota bermasalah dilakukan untuk menjaga hubungan sitarurrahim antara anggota dengan BMT dan tidak ada unsur menagih dalam melaksanakan kunjungan. Peran TSA dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur berdampak positif dengan menurunnya tingkat pembiayaan bermasalah. Berdasarkan data dalam kurun waktu 4 (empat) bulan, jumlah pembiayaan bermasalah pada BMT berkurang setengahnya. Berkurangnya jumlah anggota bermasalah ini merupakan dampak positif dari kinerja TSA dalam menjalankan tugasnya. Hal ini membuktikan bahwa metode kunjungan tanpa melakukan tagihan yang diterapkan oleh BMT dapat dilaksanakan dengan baik dan juga hubungan antara BMT dengan anggota tetap terjaga. Sejalan dengan kesimpulan diatas, saran yang dapat menjadi pertimbangan oleh KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur yaitu Kategori pembiayaan bermasalah kurang lancar sebaiknya juga menjadi prioritas kunjungan TSA. Menambah jumlah anggota TSA dan membagi tugas per anggota untuk mengunjungi beberapa wilayah per hari. TSA sebaiknya menambah intensitas kunjungan. TSA diharapkan untuk terus mengasah pengetahuan dan kepribadian baik untuk mengadapi anggota bermasalah maupun keseharian masing-masing anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Agustina Hadiagustinahadiputri.2017@gmail.comG94216086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Koperasi
Pemasaran
Keywords: Peran; Tim Silaturrahim Anggota (TSA); Pembiayaan Bermasalah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Agustina Hadi
Date Deposited: 25 Jan 2021 10:36
Last Modified: 25 Jan 2021 10:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45894

Actions (login required)

View Item View Item