Uji Sitotoksik Minyak Atsiri Batang dan Biji Tanaman Secang (Caesalpinia sappan) dengan Metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrunnisa, Alda (2020) Uji Sitotoksik Minyak Atsiri Batang dan Biji Tanaman Secang (Caesalpinia sappan) dengan Metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alda Fahrunnisa_H01216003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang dijuluki negara Megabiodiversitas karena memiliki keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Salah satu kelompok tanaman yang sangat beragam ialah kelompok tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat. Pemanfaatan tanaman sangat diperlukan untuk menemukan terobosan terbaru pada pengembangan teknologi dalam bidang kesehatan maupun dalam bidang lainnya. Tanaman yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanaman secang (Caesalpinia sappan), yaitu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memiliki kemampuan sebagai sitotoksik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat sitotoksik pada minyak atsiri batang dan biji tanaman secang (Caesalpinia sappan). Bagian dari tanaman secang yang digunakan adalah minyak atsiri batang dan bijinya yang diekstrak menggunakan metode soxhlet. Metode uji sitotoksik dalam penelitian ini adalah BSLT (Brine Shrimp Lethality Test), yang merupakan uji praskrining dalam pengujian sitotoksik. Konsentrasi yang digunakan pada uji BSLT yaitu 0 ppm, 10 ppm, 20 ppm, 100 ppm, 500 ppm, dan 1000 ppm. Dari data mortalitas yang didapatkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis probit untuk mendapatkan nilai LC50. Hasil LC50 yang didapatkan untuk minyak atsiri batang dan biji secang adalah 0,83 µg/ml dan 1,7 µg/ml. Kedua hasil LC50 minyak dan biji secang termasuk dalam kategori toksik tinggi karena memiliki nilai LC50 0-100 µg/ml.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrunnisa, Aldaaldafhrnnisa99@gmail.comH01216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorTyastirin, EstiEsty50@gmail.com2024068702
Subjects: Biologi
Pertamanan
Keywords: Secang; Caesalpinia sappan; BSLT (Brine Shimp Lethality Test); Uji Sitotoksik.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Alda Fahrunnisa
Date Deposited: 25 Jan 2021 10:45
Last Modified: 25 Jan 2021 10:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45890

Actions (login required)

View Item View Item