Analisis diamond strategy untuk mengembangkan usaha muslim difabel Kanta Handicraft Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Bella Putri Arista (2020) Analisis diamond strategy untuk mengembangkan usaha muslim difabel Kanta Handicraft Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Putri Arista Dewi_G04216015.pdf

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan in-depth interview sebagai tools. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara dengan informan baik secara langung maupun media online, observasi langsung pada tempat informan, dokumentasi yang berupa foto terkait kegiatan usaha yang dilakukan Kanta Handicraft sebagai bukti pelengkap dalam penelitian, dan triangulasi metode yang digunakan peneliti guna menggali kebenaran dari informan pemilik usaha. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan wawancara dengan informan serta dukungan literature penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengembangan usaha yang dilakukan oleh muslim difabel Kanta Handicraft sudah sesuai dengan bisnis Islam dengan tidak melupakan hal-hal yang diatur dalam agama Islam. Berdasarkan hasil wawancara, muslim difabel telah mengembangkan usahanya dengan sikap yang sebagaimana seorang muslim lakukan dengan tidak menyimpang dari aturan Islam yang Rasulullah Saw ajarkan. Selain itu, muslim difabel dalam mengembangkan usahanya juga memiliki strategi yang sudah sesuai dengan teori diamond strategy. Dimana, strategi yang dimiliki dalam pengembangan usaha Kanta Handicraft sudah menjawab serangkaian pertanyaan yang mencakup arenas, vehicles, differentiators, staging, dan economic logic. Namun, dari kelima elemen diamond strategy,strategi yang dilakukan oleh Kanta Handicraft masih terdapat beberapa kekurangan yang menyebabkan beberapa elemen yang ada dalam diamond strategy tidak dapat berjalan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pengembangan usaha yang dilakukan muslim difabel untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan agar lebih baik. Dan menggunakan diamond strategy sebagai strategi bisnisnya untuk pengembangan usahanya. Karena, konsep diamond strategy dapat menemukan secara rinci dan mendalam terkait strategi bisnis yang harus dijalankan muslim difabel Kanta Handicraft dalam pengembangannya. Sehingga, mampu meminimalisir kekurangan yang ada dalam strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh muslim difabel Kanta Handicraft Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Bella Putri Aristabellaputri653@gmail.comG04216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Manajemen Strategi
Keywords: Pengembangan Usaha; Muslim Difabel; Diamond Strategy; Kanta Handicraft Surabaya.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bella Putri Arista Dewi
Date Deposited: 15 Oct 2021 23:31
Last Modified: 15 Oct 2021 23:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45889

Actions (login required)

View Item View Item