Penerapan media pembelajaran online berbasis game edukasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis peserta didik kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Nurul (2021) Penerapan media pembelajaran online berbasis game edukasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis peserta didik kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fuad_D97216120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi matematis tentang materi unsur-unsur lingkaran pada peserta didik kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar daring yang kurang efektif serta anggapan peserta didik tentang sulitnya pembelajaran Matematika, sehingga menjadikan peserta didik kurang memiliki keterampilan komunikasi matematis saat pembelajaran Matematika daring. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran online berbasis game edukasi diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran online berbasis game edukasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis pada siswa kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi matematis setelah diterapkannya media pembelajaran online berbasis game edukasi pada peserta didik kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. Model penelitian tindakan kelas yang dipilih adalah model Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yakni planning (pelaksanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi secara virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media pembelajaran online berbasis game edukasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik, yang dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 88,63 (baik) yang kemudian meningkat menjadi 97,72 (sangat baik) pada siklus II. Hal ini juga didukung dengan meningkatnya hasil observasi peserta didik pada siklus I sebesar 65 (kurang) yang kemudian meningkat menjadi 90 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan komunikasi matematis materi unsur-unsur lingkaran menggunakan media pembelajaran online berbasis game edukasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 70 (cukup) dengan persentase ketuntasan keterampilan komunikasi matematis sebesar 46%, pada siklus I menjadi 78,15 (cukup) dengan persentase ketuntasan keterampilan komunikasi matematis sebesar 65%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,03 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan keterampilan komunikasi matematis sebesar 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Nuruladfuad1998@gmail.comD97216120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWachidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Komunikasi
Keterampilan
Matematika
Keywords: Media Pembelajaran Online; Game Edukasi; Keterampilan Komunikasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Fuad
Date Deposited: 25 Jan 2021 11:06
Last Modified: 25 Jan 2021 11:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45882

Actions (login required)

View Item View Item