Penerapan manajemen kesiswaan dalam pengembangan organisasi siswa intra sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Muhammad Fahmi Putra (2021) Penerapan manajemen kesiswaan dalam pengembangan organisasi siswa intra sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fahmi Putra Ardiansyah_D93215075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini adalah berkembanganya zaman yang mengharuskan siswa untuk mengikutinya, maka dari itu sekolah telah menyediakan wadah untuk siswa sebagai sarana berorganisasi juga dapat mengarahkan minat dan bakat siswa, Manajemen Kesiswaan yang baik dapat memaksimalkan hal tersebut. Sehingga diperlukan Penerapan Manajemen Kesiswaan agar Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen kesiswaan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, mendeskripsikan pengembangan Organisasi Intra Sekolah Sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, dan mendeskripsikan penerapan manajemen kesiswaan dalam pengembangan Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, pembina OSIS, dan ketua OSIS sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah penerapan manajemen kesiswaan dalam pengembangan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan manajemen kesiswaan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo yaitu terkait perncanaan hingga pengawasan yang diterapkan oleh pihak sekolah untuk memudahkan dan melancarkan program pendidikan sejak siswa masuk hingga siswa lulus dari sekolah (2) pengembangan Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo dilaksanakan oleh pihak sekolah yang berkolaborasi bersama pembina untuk membimbing para pengurus OSIS (3) penerapan manajemen kesiswaan di SMK Sepuluh Nopember berdampak positif bagi Organisasi Siswa Intra Sekolah, yang mana mampu mengembangkan Organisasi Siswa Intra Sekolah, juga membentuk membentuk OSIS yang pandai dalam penyelesaian masalah, mampu bekerja sama, hidup toleransi dan demokratis, serta mampu mengarahkan minat dan bakat secara individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Muhammad Fahmi Putrafahmiputra97@gmail.comD93215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Penerapan Manajemen Kesiswaan; pengembangan Organisasi Siswa Intra Sekolah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Fahmi Putra Ardiansyah
Date Deposited: 24 Jan 2021 08:01
Last Modified: 24 Jan 2021 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45842

Actions (login required)

View Item View Item