Peran pengusaha industri kecil makanan ringan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan di Dusun Ngebret Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik ditinjau dari teori kesejahteraan islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachroni, Nirmala Fitria (2020) Peran pengusaha industri kecil makanan ringan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan di Dusun Ngebret Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik ditinjau dari teori kesejahteraan islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nirmala Fitria Fachroni_G04216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek yaitu penelitian kualitatif di mana pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu kepala desa Morowudi dan karyawan industri kecil makanan ringan di Dusun Ngebret Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan peran pengusaha industri kecil makanan ringan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah menyediakan lapangan pekerjaan yang menyerap tenaga kerja di Desa Morowudi dan di desa sekitarnya, meningkatkan pendapatan karyawan industri kecil makanan ringan yang dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan memenuhi kebutuhan hidup dengan melakukan pekerjaan yang baik, dan memberikan pendidikan dalam berkewirausahaan kepada karyawan untuk menjadi pribadi yang produktif dan mandiri. Sedangkan peran pengusaha industri kecil makanan ringan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan yang ditinjau dari teori kesejahteraan Islam adalah bahwa para karyawan di industri kecil makanan ringan sudah merasakan kesejahteraan yang ditinjau dari 3 indikator kesejahteraan dalam Islam yang disinggung dalam Al-Qur’an surat Al-Quraish ayat 3-4 yaitu ketergantungan penuh manusia kepada Tuhan (pemilik) ka’bah (pengusaha memberikan ruang untuk beribadah kepada karyawan, pengusaha mengadakan tahlilan/pengajian serta mengadakan ziarah wali limo/wali songo), hilangnya rasa lapar (terpenuhinya kebutuhan hidup baik sandang, pangan, papan, pendidikan), dan hilangnya rasa takut (kondisi nyaman dan senang saat bekerja yang menyebabkan karyawan bertahan hingga bertahun-tahun dan kehidupan karyawan terasa nyaman, tenang, damai, dan tentram dikarenakan pendapatan/gaji yang diterima disesuaikan dengan pengeluaran tiap bulannya dan tidak mengalami hutang bahkan merasa cukup). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan pengusaha industri kecil makanan ringan tetap mempertahankan kesejahteraan karyawan dan menjaga hubugan baik agar saling menguntungkan dan dapat bekerjasama dalam mengembangkan usaha. Selain itu, bagi karyawan diharapkan menjadi motivasi agar bisa mendirikan usaha mandiri serta menjadi pribadi yang produktif, kreatif, dan terampil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachroni, Nirmala Fitrianirmalafitriaf@gmail.comG04216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id / fatikul.himami@gmail.com2023098002
Subjects: Industri Kecil
Keywords: Industri Kecil; Kesejahteraan dalam Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nirmala fachroni
Date Deposited: 22 Jan 2021 13:03
Last Modified: 22 Jan 2021 13:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45837

Actions (login required)

View Item View Item