Efektivitas penggunaan Aplikasi Media Streaming youtube dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran PAI di Kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silmi, Thoriq Aji (2021) Efektivitas penggunaan Aplikasi Media Streaming youtube dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran PAI di Kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thoriq Aji Silmi_D01217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dipergunakan untuk mengetahui efektivitas media streaming youtube untuk meningtkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro. Dengan frmulasi masalah sebagai berikut: (1) bagaimana penerapan penggunaan media streaming youtube dalam pembelajara pendidikan Agama Islam di kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro? (2) bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro sebeum dan sesudah menggunakan media streaming youtube? (3) bagaimana efektivitas penggunaan media streaming youtube sebagai sarana pembelajaran dikelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro? Dan (4) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan penggunaan media streaming youtube?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dari pengumpulan angket, dokumentasi dari nilai-nilai. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest - post test design. Data dianalisa dengan menggunakan rumus presentase statistika, distribusi frekuensi, dan Analisa t-test dua sampel menggunakan Microsoft excel untuk Windows. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media streaming youtube efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai pada saat pre-test sebesar 82.28571, dan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media streaming youtube, nilai hasil rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86. Artinya, selisih dari sbelum dan sesudah menggunakan media streaming youtube dalam pembelajaran meningkat sebesar 3,71429. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t dua sampel berpasangan. Berdasarkan perhitungan t dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan (fd) = 28-1 = 27 akan diperoleh thitung -6,4369 sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan (df) = 28 -1 = 27 akan didapat tabel 2.0518. Harga thitung lebih berat dari ttabel. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan ttabel (-6,4369> 2,0518). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan media streaming youtube efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silmi, Thoriq Ajithoriqajisimi@yahoo.comD01217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNawawi, Muhammadabuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Agama
Belajar
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Streaming youtube; Hasil belajar peserta didik; Media.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoriq Aji Silmi
Date Deposited: 21 Jan 2021 22:36
Last Modified: 21 Jan 2021 22:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45782

Actions (login required)

View Item View Item