التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية على مستوى علامات الترقيم وأحرف الزيادة في الفعل والاستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الحكومية الأولى باسوروان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Wachidah, Khoirun Nisa (2021) التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية على مستوى علامات الترقيم وأحرف الزيادة في الفعل والاستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الحكومية الأولى باسوروان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa Al wachidah_D92217059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Para ulama bersepakat bahwa persamaan merupakan salah satu sebab kemudahan peserta didik dalam mempelajari bahasa kedua, dan perbedaan merupakan alasan adanya kesulitan dalam mempelajarinya. Penelitian ini membahas tentang Analisis kontrasif antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai bab tanda baca dan afiks pembentuk verba serta manfaatnya dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas X MAN 1 Pasuruan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1- Apa persamaan dan perbedaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai bab tanda baca? 2- Apa persamaan dan perbedaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai bab afiks pembentuk verba? Bagaimana manfaat dari hasil Analisis kontrasif antara bahasa indonesia dan bahasa arab mengenai bab tanda baca dan afiks pembentuk verba serta manfaatnya dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas X MAN 1 Pasuruan? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA II MAN 1 Pasuruan yang berjumlah 34 siswa. Adapun hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: Terdapat persamaan dan perbedaan macam dan fungsi antara tanda baca bahasa Indonesia dan bahasa Arab, serta ada manfaat dari penerapan hasil analisis ini, ditemukan bahwa persentase skor tanda baca dari post-test mencapai 75,8%, dan hasil ini lebih besar dari hasil pre-test yang dicapai 58,9%. Dan terdapat empat persamaan dan lima perbedaan antara afiks pembentuk verba bahasa Indonesia dan bahasa Arab, dan manfaat dari hasil analisis ini ditemukan bahwa persentase nilai dari dari post test mencapai 56.2%, dan hasil ini lebih besar dari pada pre test yang mencapai 50.2% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Wachidah, Khoirun Nisakhoirunnisaalwachidahd92217059@gmail.comD92217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Indonesia
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Kontrasif; Tanda Baca; Afiks Pembentuk Verba; Keterampilan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khoirun Nisa Al wachidah
Date Deposited: 21 Jan 2021 22:11
Last Modified: 21 Jan 2021 22:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45765

Actions (login required)

View Item View Item