Penerapan etika bisnis Islam dalam produksi budidaya jamur tiram putih "Sari Kayu" Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haftareta, Shalla Shafira (2020) Penerapan etika bisnis Islam dalam produksi budidaya jamur tiram putih "Sari Kayu" Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shalla Shafira Haftareta_G04216075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada Budidaya Jamur Tiram Putih “Sari Kayu” ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, menunjukkan bahwa proses produksi telah sesuai dengan proses produksi dalam Islam. Kegiatan produksi budidaya jamur putih “Sari Kayu” secara keseluruhan sudah memenuhi prinsip etika bisnis Islam diantaranya kesatuan (unity), keadilan (keseimbangan), kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran (kebajikan dan kejujuran). Selain itu juga menerapkan prinsip-prinsip produksi dalam ekonomi Islam yaitu keadilan dan kesamaan dalam produksi Islami, memenuhi takaran, ketepatan, kelugasan, dan kebenaran, menghindari jenis dan proses produksi yang diharamkan dalam Islam. Saran dari peneliti untuk pemilik budidaya jamur tiram “Sari Kayu” adalah agar tetap menggunakan bahan-bahan yang halal dan aman untuk dikonsumsi serta untuk memberikan kotak saran yang dapat digunakan oleh konsumen yang ingin memberikan masukan kepada pihak pengelola.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haftareta, Shalla Shafirashallashafira57@gmail.comG04216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, M. Lathoiflathoif@uinsby.ac.id2003117501
Subjects: Bisnis
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Produksi Budidaya; Jamur Tiram.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shalla Shafira Haftareta
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:19
Last Modified: 21 Jan 2021 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45730

Actions (login required)

View Item View Item