Model perdagangan di Pasar Sor Greng Bojonegoro dalam perspektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Evika Agustin (2020) Model perdagangan di Pasar Sor Greng Bojonegoro dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evika Agustin Wulandari_G04216024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan di Pasar Sor Greng selama penelitian berlangsung. Dalam penelitian ini terdapat sepuluh narasumber yang diwawancarai yang meliputi enam pedagang, ketua paguyuban dan tiga pembeli di Pasar Sor Greng. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model perdagangan yang dilakukan oleh Pasar Sor Greng adalah perdagangan tradisional yang dipadukan dengan wisata berbasis komunitas atau masyarakat untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif maupun komperatif. Pedagang di Pasar Sor Greng dikenal dengan keramahan saat melayani pembeli dan memiliki keunikan, akan tetapi telah diketahui bahwa Pasar Sor Greng hampir menerapkan etika bisnis Islam karena terdapat dua unsur yang belum sepenuhnya dilakukan diantaranya ditemukannya pedagang yang belum mentaati peraturan secara keseluruhan dan belum sadarnya untuk melakukan inovasi produk yang dapat digunakan sebagai strategi persaingan bisnis, indikator penerapan etika bisnis Islam yang digunakan di Pasar Sor Greng yaitu sifat s}iddiq meliputi mengakui kelemahan serta kelebihan produk, mentaati peraturan pasar, dan jujur dalam takaran. Sifat amanah meliputi adanya laporan keuangan sebagai bukti melakukan tujuan Pasar Sor Greng dan menepati janji kepada pembeli sebagai wujud pelayanan yang optimal. Sifat tabligh yaitu menggunakan bahasa yang baik saat melakukan komunakasi bisnis dan membangun hubungan baik ke pembeli dan mitra bisnis. Sifat fat}anah yang diterapkan diantaranya kecerdasan spiritual dan melakukan inovasi terhadap produk. Berdasarkan hasil penelitian diatas, pengelola Pasar Sor Greng diharapkan dapat mempertegas peraturan yang berlaku dan memberi penyuluhan tentang pentingnya inovasi produk sehingga penerapan etika bisnis Islam dapat meningkat dan mampu untuk melakukan persaingan bisnis dengan pasar lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Evika Agustinevikaagustinwulandari@gmail.comG04216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Model perdagangan; etika bisnis Islam; Pedagang Pasar Sor Greng.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Evika Agustin Wulandari
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:32
Last Modified: 19 Jan 2021 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45727

Actions (login required)

View Item View Item