Program siaran dakwah embun pagi di radio Ralita fm Pamekasan: kajian proses produksi, format siaran dan materi dakwah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Mohammad (2020) Program siaran dakwah embun pagi di radio Ralita fm Pamekasan: kajian proses produksi, format siaran dan materi dakwah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Zaini_B91215098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Era globalisasi yang ditandai dengan semakin majunya teknologi komunikasi. salah satu media komunikasi yang memiliki peran signifikan dengan kehidupan manusia adalah radio. Salah satu radio yang ada di Kabupaten Pamekasan adalah radio ralita FM. Radio dapat dijadikan sebagai media dakwah. Dalam program siaran keagamaan diperlukan konsep yang baik. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan rumusan masalah yang peneliti ambil dari penelitian ini adalah bagaimana proses produksi program siaran embun pagi, bagaimana format siarannya, dan bagaimana kontekstual materi dakwahnya. penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu, Proses Pra Produksi. Dalam proses ini dilakukan persiapan-persiapan. Baik persiapan materi siaran, tema, sumber daya manusia yang terlibat (penyiar, gatekeeper, dan narasumber), tempat (studio), dan persiapan dalam hal teknis (komputer, mixer, microphone, headphone, telepon, kamera cctv, kabel USB, internet dan software). Proses Produksi. Pada proses produksi dilakukan eksekusi siaran secara langsung atau live dari studio utama radio Ralita FM sesuai dengan jadwal program yang tertera. Untuk program “embun Pagi” setiap pagi hari jam 05.00-06.00 WIB. Proses Pasca Produksi. Dalam tahap ini dilakukan evaluasi terkait siaran dakwah embun pagi yang telah diproduksi dan layanan audio yang telah berjalan. Program siaran dakwah embun pagi adalah program dakwah yang disajikan secara live dengan menggunakan system komunikasi dua arah (two way communication) dengan menyertakan pendengar untuk memberi respon suara langsung terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber. Sedangkan materi siaran pada program ini meliputi menjalankan kehidupan bersosial sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadits. Kata

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Mohammadmazzein04@gmail.comB91215098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Ilmu Komunikasi
Penyiaran Islam
Keywords: Program Siaran; Dakwah; Radio.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Zaini
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:46
Last Modified: 19 Jan 2021 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45721

Actions (login required)

View Item View Item