PENGEMBANGAN SOSIODRAMA DENGAN TEKNIK GERAK DAN LAGU DALAM PENANAMAN RASA EMPATI PADA SANTRI KELAS 2 TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SALAFIAH GANG SALAFIAH JEMURWONOSARI SURABAYA

Nur’aini, Eka Putri (2014) PENGEMBANGAN SOSIODRAMA DENGAN TEKNIK GERAK DAN LAGU DALAM PENANAMAN RASA EMPATI PADA SANTRI KELAS 2 TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SALAFIAH GANG SALAFIAH JEMURWONOSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menanamkan rasa empati pada santri melalui pengembangan sosiodrama dengan teknik gerak dan lagu.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2013-Januari 2014. Subjek penelitian ini adalah santriwan-santriwati kelas 2 TPQ Salafiah Jemurwonosari Gang salafiah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif yang dituangkan dalam bentuk deskriptif berupa kata-kata dan bahasa untuk kemudian dirumuskan menjadi model, konsep, teori, prinsip dan definisi secara umum.
Hasil penelitian ini dirumuskan berdasarkan hasil perhitungan angket dan observasi di lapangan. Hasil angket penilaian guru dengan hasil akhir 75% bisa dikatakan tepat untuk digunakan sebagai metode pembelajaran bagi santri. Selain itu, hasil penilaian pre-test dan post-test dari beberapa santri menunjukkan hasil yang sama yaitu 79,2%, maka pengembangan Sosiodrama dengan teknik gerak dan lagu terhadap penanaman rasa empati pada santri dapat dikatakan tepat dan efektif bagi guru.
Jika ditelaah berdasarkan keterlibatan peneliti sekaligus sebagai seorang konselor, maka dapat dikatakan bahwa semua santri sangat berkenan dan senang sekali dengan metode pengembangan sosiodrama di kelas. Hal ini terbukti dengan adanya antusiasme para santri setiap kali akan dilakukan pemilihan pemeran, karena hampir semua santri sangat ingin dipilih sebagai pemeran tokoh dalam sosiodrama.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Santoso
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama; Empati
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 05:04
Last Modified: 09 Feb 2015 05:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item