Kemampuan Adsorpsi dari kulit singkong sebagai Bioadsorben terhadap Logam Berat Seng (Zn) dengan Sistem Kontinyu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisya, Risma Awwalin (2021) Kemampuan Adsorpsi dari kulit singkong sebagai Bioadsorben terhadap Logam Berat Seng (Zn) dengan Sistem Kontinyu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Awwalin Nisya_H05216020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kulit singkong adalah suatu limbahl yang dihasilkan dari pengupasan pengolahan produk yang berbahan dasar singkong. Salah satu pemanfaatan limbah kulit singkong yang mengandung selulosa yaitu digunakan sebagai bahan dari bioadsorben untuk mengadsorpsi logam berat. Seng merupakan salah satu logam berat yang dihasil dari berbagai kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan keracunan pada manusia dan kerusakan pada lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuil kemampuan adsorpsi bioadsorben dari kulit singkong terhadap logam seng (Zn) dengan sistem kontinyu, dan dapat mengetahui perbedaan adsorpsi dari variasi laju alir dan bed depth. Metode penelitian ini yaitu penelitian eksperimental dan untuk analisis data menggunakan kruskal wallis, dengan variasi laju alir yang digunakan yaitu 2 mL/menit, 4 mL/menit, dan 6 mL/menit dan bed depth 12 cm, 15 cm, dan 18 cm. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa efesiensi terbesar penyerapan seng terdapat pada laju alir 2 mL/menit dengan bed depth 15 cm dengan persentase sebesar 92,6% dari kadar awal limbah artifisial sebesar 5,726 mg/L menjadi 0,424 mg/L. Berdasarkan data hasil uji statistik nilai probabilitas 0,00 kurang dari nilai α (sig. < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan penyerapan atau adsorpsi pada variasi laju alir terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan untuk variasi bed depth tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisya, Risma Awwalinrisma.awwalin.nisya@gmail.comH05216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Kulit Singkong; Bioadsorben; Seng (Zn); Efesiensi Adsorpsi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Risma Awwalin Nisya
Date Deposited: 17 Jan 2021 15:07
Last Modified: 17 Jan 2021 15:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45692

Actions (login required)

View Item View Item