Uji efektifitas jumlah ragi dan lama waktu fermentasi oleh saccharomyces cerevisiae terhadap ampas tebu sebagai bioalkohol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianti, Diars (2021) Uji efektifitas jumlah ragi dan lama waktu fermentasi oleh saccharomyces cerevisiae terhadap ampas tebu sebagai bioalkohol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diars Fitrianti_H75216029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan minyak bumi setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Apabila digunakan secara terus-menerus maka cadangan minyak bumi tersebut akan semakin menipis. Kemudian mengakibatkan permasalahan yakni kelangkahan minyak bumi. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan mengembangkan sumber daya energi alternatif pengganti minyak bumi seperti bioalkohol. Bioalkohol adalah bahan bakar minyak hasil rekayasa biomassa atau tanaman melalui proses enzymatic dan fermentasi dengan bahan baku dari tanaman tertentu seperti dari singkong, nira aren, molase atau tetes tebu, kelapa sawit, sagu, rumput dan jerami. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan nilai kadar alkohol beserta nilai kadar alkohol yang efektif dari jumlah ragi oleh Saccharomyces cerevisiae dan lama waktu fermentasi terhadap ampas tebu sebagai bioalkohol. Penelitian ini menggunakan larutan NaOH pada tahap pretreatment, dan menggunakan larutan H2SO4 pada tahap hidrolisis serta tahap fermentasi menggunakan jumlah ragi sebesar 4 gram dan 5 gram dengan lama waktu fermentasi selama 3 hari, 5 hari, 7 hari, 11 hari, dan 13 hari. Perlakuan dilakukan secara triplo. Hasil penelitian menunjukan nilai kadar alkohol yang efektif yakni pada jumlah ragi 5 gram dengan lama waktu fermentasi selama 7 hari dengan nilai kadar alkohol sebesar 3,08%(( v)⁄v). Dengan nilai signifikasi pada uji friedman sebesar .000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kadar alkohol dari jumlah ragi Saccharomyces cerevisiae dan lama waktu fermentasi terhadap ampas tebu sebagai bioalkohol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianti, Diarsdiarsfitrianti9@gmail.comH75216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Bioalkohol; Saccharomyces cerevisiae; Ampas tebu; NaOH; H2SO4.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Diars Fitrianti
Date Deposited: 17 Jan 2021 07:23
Last Modified: 17 Jan 2021 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45677

Actions (login required)

View Item View Item