Pemanfaatan limbah kulit nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) sebagai antimikroba

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Erlin Dwi (2021) Pemanfaatan limbah kulit nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) sebagai antimikroba. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlin Dwi Cahyani_H75216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kulit nanas di Indonesia umumnya hanya dibuang sebagai limbah, tetapi didalam kulit nanas mengandung senyawa kimia yang berpotensi sebagai agen antibakteri antara lain flavonoid, tanin, dan saponin. Senyawa flavonoid merupakan senyawa fenol yang yang dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur, senyawa saponin dan tanin merupakan senyawa alami yang terdapat pada kulit nanas dan juga bersifat antibakteri. Sehingga senyawa yang terkandung di dalam kulit nanas dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian konsentrasi ekstrak kulit nanas terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak kulit nanas yang paling optimal dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Pada ini menggunakan metode maserasi, setelah itu dilakukan tahap penguapan sampai didapatkan ekstrak kental kulit nanas sehingga bisa dilakukan tahap pengenceran. Hasil ujifitokimia menunjukkan bahwa kulit nanas positif mengandung flavonoid, tanin, dan saponin. Sehingga kulit nanas hasil ektraksi digunakan sebagai antibakteri pada Escherichia coli. Pada hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa ekstrak kulit nanas yang digunakan sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada konsentrasi 100%, 75%, 50%, 25% dan kontrol (etanol 96%) dapat menghambat bakteri paling tinggi adalah pada konsentrasi 100% dengan rata-rata diameter daya hambat yaitu 20.51 mm. hasil dari uji antibakteri zona hambat sudah normal dan homogen setelah dilakukan uji One Way Anova dengan nilai signifikan 0.00 <p (0.05) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan terdapat perbedaan antar perlakuan dan konsentrasi variasi ekstrak kulit nanas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Erlin Dwierlindwicahyani31@gmail.comH75216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorAmrullah, Amrullahamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Ekstraksi; Kulit nanas; Escherichia coli.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Erlin Dwi Cahyani
Date Deposited: 17 Jan 2021 06:59
Last Modified: 17 Jan 2021 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45673

Actions (login required)

View Item View Item